Mudik Lebaran, Polres Gresik Gelar Simulasi Rekayasa Lalin Jalur Duduk Sampeyan

Mudik Lebaran, Polres Gresik Gelar Simulasi Rekayasa Lalin Jalur Duduk SampeyanGRESIK (halopolisi.com) – Satlantas Polres Gresik menggelar simulasi penerapan inovasi dan rekayasa arus lalu lintas di simpang empat Duduk Sampeyan. Rekayasa arus lalu lintas dilakukan terkait pengamanan arus mudik Lebaran.

Simulasi ini digelar untuk mengetahui persiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi saat arus mudik Lebaran tahun 2015 di ruas jalur nasional tersebut, terutama masalah kemacetan.

Strategi yang disiapkan oleh Satlantas Polres Gresik menghadapi potensi kemacetan pada puncak arus mudik yaitu H-7 hingga H+7 Lebaran terbagi dalam 3 cara inovatif.

Pertama, efektifitas pelaksanaan tugas anggota Satlantas menggunakan ban lengan dan bendera serta dimonitor CCTV.

Kedua, pemanfaatan teknologi dengan memasang CCTV di simpang empat Duduk Sampeyan, CCTV di titik ambang batas macet, menerbangkan helicam drone serta Police DSLR on the spot.

Ketiga, penggunaan beberapa rekayasa rambu yang disebut dengan Rambu Pertama Petunjuk Jalan (RPPJ) di titik–titik yang telah ditentukan guna pemberitahuan lebih dini bagi pengendara tentang situasi jalan yang akan dilewati seperti rambu batas ambang macet, info pendahulu 1 km, 500 m rawan macet, info pendahulu 500 m-100 m rawan Laka dan info penutupan arus.

“Semua inovasi di atas terpusat di Pos Pengaman yang kami dirikan di Pom bensin Tebaloan, Duduk Sampeyan. Di tempat itu pula kami mendirikan pos pelayanan atau lebih dikenal dengan rest area atau posko mudik yang bisa dimanfaatkan pengendara untuk beristirahat dan mendapatkan informasi tentang lalu lintas,” kata Kasatlantas Polres Gresik, AKP Happy Saputra pada halopolisi.com, Sabtu (4/7/2015).

Personil Satlantas akan dilengkapi rompi dan bendera warna putih serta ban lengan sehingga keberadaan personil bisa terlihat oleh para pengendara. Bahkan, setiap anggota dilengkapi teknologi video cam online dimana personil akan melaporkan perkembangan arus Lalin secara mobile di lokasi yang diinginkan.

Pemasangan CCTV pun diamanfaatkan semaksimal mungkin oleh Satlantas Polres Gresik yang terpasang di titik sekitar perempatan Duduk Sampeyan untuk memantau volume kendaraan yang melintas secara realtime.

Sedangkan CCTV lainnya digunakan untuk memantau arus lalu lintas di titik ambang batas macet sisi barat dan timur. Tak hanya CCTV, Satlantas Polres Gresik juga melengkapi pemantauan arus lalu lintas dengan menggunakan helicam drone yang diterbangkan secara berkala dan insidentil sebagai bahan pelaksanaan rekayasa arus yang harus dilaksanakan.

Satlantas Polres Gresik telah menetapkan ambang batas macet yaitu bentangan spanduk yang diletakan 500 meter sisi barat dan sisi timur dari titik bottle neck 4 Duduk Sampeyan sebagai tanda batas kemacetan. Sehingga diharapkan dengan adanya tanda batas tersebut dapat menjadi tolok ukur personil dalam mengambil langkah–langkah rekayasa lalu lintas sesuai SOP yang bertujuan agar kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran bisa berjalan dengan baik.

SOP pelaksanaan pengaturan lalu lintas terbagi dan diformulasikan untuk menghadapi empat situasi yang terjadi yaitu saat terjadi kemacetan dari arah Lamongan, dari arah Gresik, saat kondisi arus normal dan juga saat kereta api melintas.

“Cara bertindak urai macet sesuai SOP itu sendiri akan dibuat dalam sebuah papan besar yang ditempatkan di Pos Pam Operasi Ketupat, sehingga bisa diakses oleh seluruh personil Satlantas Polres Gresik yang bertugas dan juga beberapa pihak terkait yang ikut serta dalam membantu pengamanan arus mudik Lebaran,” kata AKP Happy Saputra.

Papan informasi ini dibuat atas dasar analisa dan evaluasi 5 tahun terhakir penanganan arus mudik di wilayah duduk sampeyan yang berguna sebagai panduan pokok sehingga seluruh personil sudah mengerti dan bergerak cepat melaksanakan urai macet sesuai SOP jika terjadi permasalahan lalu lintas di Duduk Sampeyan.

Road Barrier atau patok pembatas marka jalan di pasang sebagai upaya mengantisipasi kendaraan yang ingin melambung mendahului. Bila keadaan ini tidak diantisipasi dapat menimbulkan kemacetan akibat ketidakteraturan kendaraan dan sebagai antisipasi kecelakaan lalu lintas.

“Hasil simulasi ini sendiri akan dijadikan acuan dalam cara bertindak dan cara penanganan rekayasa arus mudik di wilayah Duduk Sampeyan serta akan menjadi bahan evaluasi persiapan personil dari sarana prasarana yang ada, kelengkapan dan juga mengukur efektivitas inovasi yang akan diterapkan dalam menghadapi pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2015,” pungkas AKP Happy Saputra.(hp gresik/ziz)

FOTO: Kasatlantas Polres Gresik saat memantau simulasi rekayasa Lalin di wilayah Duduk Sampeyan jelang mudik Lebaran.(hp gresik/ziz)