Polres Jember Launching Program Rumah Aman, Mudik Nyaman

Polres Jember Launching Program Rumah Aman, Mudik NyamanJEMBER (halopolisi.com) – Di samping program utama ‘Jember Suwar-Suwir’ dengan Program Nawakarya Tama (9 program unggulan), sederet ide segar terus bermunculan menyertai kepimpinan Kapolres Jember, AKBP. M. Sabilul Alif, SH, SIK.

Sebelumnya, Polres Jember sudah mengenal Program Kasih Sayang, Lomba Kampung Aman Bersih dan sehat (LKABS), dan Program Pos Syifa (Polisi Sayangi Duafa).

Kali ini, ide baru kembali digulirkan Kapolres Jember melalui launching “Rumah Aman-Mudik Nyaman” (Relawan Penjaga Rel Kereta Api tanpa Palang Pintu dan Penjaga Pemukiman/Perumahan Mudik Lebaran) yang dilakukan di Stasiun Kereta Api Daops IX.

Launching program Rumah Aman-Mudik Nyaman ini ditandai dengan penyerahan rompi kepada tiga perwakilan relawan dalam apel yang dipimpin sendiri oleh Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK dengan Komandan apel AKP Sutarjo, SH.

Turut hadir Wakapolres Kompol Suryo Hapsoro, SH, SIK, M.Si, Kadaops XI Jember yang diwakili oleh Manajer Humas, para Kabag, Kasat, dan beberapa Kapolsek yang wilayahnya dilalui jalur perlintasan kereta api serta puluhan relawan yang secara sukarela menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan siap menjaga pemukiman/perumahan yang ditinggal oleh warga untuk Lebaran.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Jember menyampaikan ucapan terima kasih kepada para relawan yang ikhlas membantu warga.

“Sudah sangat sering kita melihat terjadi kecelakaan kereta api, bahkan tidak jarang merenggut banyak korban jiwa. Kita akan miris dan menyesal jika melihat kejadian serupa terjadi di perlintasan kereta api yang mengakibatkan adanya korban jiwa. Karena itu, kita harus berupaya mengambil langkah-langkah nyata untuk meminimalisir kejadian kecelakaan serupa. Apalagi saat ini pemerintah konsen untuk menjaga keselamatan warga yang dalam waktu dekat akan diadakan Operasi Ketupat 2015. Oleh karena itu, nantinya para relawan dapat dikerahkan untuk menjaganya. Di samping perlintasan kereta api tanpa palang pintu, ada juga rumah warga yang akan ditinggal untuk mudik Lebaran. Di sini harus diantisipasi jika sewaktu-waktu ada rumah warga yang lupa dikunci ataupun lampunya lupa dimatikan dan potensi kerawan lainnya,” beber AKBP M. Sabilul Alif, Sabtu (11/7/2015).

Sejalan dengan itu, Kapolres Jember memerintahkan Kaposek jajaran untuk bergerak dengan mengerahkan para Bhabinkamtibmas membuat imbauan tentang program Rumah Aman-Mudik Nyaman dan langsung sosialisasikan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Jember didamping Manajer Humas Kadaops IX Jember bersama Wakapolres, dan para Kabag mengecek rel di sepanjang perlintasan stasiun kereta api.(hp jember/ziz)

FOTO: Kapolres Jember saat mengecek rel kereta api usai melaunching program Rumah Aman, Mudik Nyaman.(hp jember/ziz)