Kapolres Gresik Launching Pos Pengamanan dan Pelayanan Mudik di Rest Area Tebalon

rest area gresikGRESIK (halopolisi.com) – Pos Pengamanan dan Pelayanan Polres Gresik telah diresmikan oleh Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo SIK MSi  pada Sabtu (11/7/2015) lalu di SPBU Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Di Lokasi tersebut juga dibangun rest area bagi para pemudik yang melintas.

Dalam acara peresmian yang dihadiri oleh anggota Polres yang bertugas dalam pengamanan dan pelayanan mudik 2015, juga dihadiri oleh beberapa instansi terkait yang ikut mendukung pelaksanaan pengamanan mudik  Lebaran diantaranya Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Rumah Sakit Petrokimia dan tokoh masyarakat sekitar.

“Jalan raya Duduk Sampeyan-Gresik ini ‘kan masuk jalur mudik nasional, padahal di jalur ini terdapat titik troublespot dan blackspot sehingga kita sejak awal mempersiapkan personel dan cara bertindak mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan pada mudik lebaran 2015 ini. Dan hari inilah secara resmi kita launching kegiatan yang kita laksanakan,” jelas Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo.

Polres Gresik selain mendirikan 11 pos pengamanan yang tersebar diseluruh jalan utama maupun jalan arternatif mudik juga menyiapkan Tim Urai Macet. Tim Urai Macet adalah tim khusus yang terdiri dari anggota polisi pilihan, tidak hanya dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) tapi juga dari unsur Polres lainnya. Mereka berkendara moge (motor gede) dan trail, melayani 24 nonstop mulai H-7 hingga H+7 Lebaran memantau lalu lintas secara langsung dan melakukan tindakan sesuai SOP jika terjadi permasalahan di jalan.

Polres Gresik memasang 4 CCTV di Jalan Raya Duduk Sampeyan untuk memantau arus dan kemungkinan pelanggaran lalu lintas. Selain itu Polres Gresik juga bekerjasama dengan  Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Jawa Timur untuk  membantu memantau jalur mudik Duduk Sampeyan melalui udara dengan helicam drone.

Sementara itu, Rest Area Polres Gresik yang didirikkan tidak hanya bertujuan sebagai tempat istirahat pemudik namun juga sebagai pusat akses informasi. Selain dilengkapi dengan TV, kulkas dan pendingin udara, juga dilengkapi dengan wifi, alat pijat, alat olah raga, dan perpustakaan yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

“Pos pengamanan dan pelayanan mudik ini ‘kan operasi kemanusian. Bagaimana kita memberikan keamanan, pelayanan dan fasilitas sebaik mungkin agar niat masyarakat yang ingin berkumpul dengan keluarganya saat Hari Raya Idul Fitri. Maka Satlantas Polres Gresik semaksimal mungkin bekerja agar pemudik nyaman dengan tidak adanya kemacetan dan kecelakaan, rest area ini salah satu pos cegah laka juga,” tegas Kasat Lantas Polres Gresik AKP Happy Saputra.(hp gresik/abi)

FOTO: Rest area Polres Gresik di SPBU Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan.(hp gresik)