Kodam V/Brawijaya Buka Dapur Umum Dukung Muktamar NU ke-33

Foto-4 Dapur Umum Muktamar NU di Kodim 0814JOMBANG (halopolisi.com) – Jumlah peserta dan simpatisan Muktamar Nahdllatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang mencapai lebih dari 50.000 orang. Sejalan dengan itu, ketersediaan makanan dan minuman bisa jadi masalah jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Selain panitia yang menyediakan bekal makan, beberapa pihak juga turut membantu. Salah satunya adalah unsur TNI yang turut mengusahakan kelancaran ketersediaan makanan saat muktamar NU.

TNI membangun dapur umum di kawasan Markas Kodim 0814/Jombang. Dapur umum itu berdiri di bawah komando Detasemen Pembekalan dan Angkutan Kodam V/ Brawijaya yang dipimpin Letkol Cba Arok Jayanto dengan beranggotakan 87 personil. Detasemen ini bekerja setiap hari menyediakan makanan.

“Kami membantu menyediakan makan untuk non-peserta,” kata Letkol Cba Arok Jayanto dalam surat elektronik yang diterima halopolisi.com, Rabu (5/8/2015).

Letkol Cba Arok Jayanto membeberkan, setiap kali memasak, Detasemennya mampu menyediakan 5.000 nasi kotak yang langsung didistribusikan ke beberapa lokasi yang menjadi konsentrasi simpatisan muktamar yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan panitia terkait, khususnya tentang sasaran dropping makanan.

Variasi menu menjadi salah satu hal yang juga dipikirkan. “Ada ayam goreng, tempe goreng, menu masakan cukup variatif,” kata Letkol Cba Arok Jayanto.

Sementara Letnan Satu Cba Mulyanto selaku komandan dapur umum mengatakan, ia bersama segenap anggotanya merasa cukup bangga karena dapat memiliki kontribusi langsung terhadap kelancaran pelaksanaan Muktamar NU ke-33, meski hanya sebatas memasak sesuai dengan keahlian yang dimiliki pada kecabangannya.

Lokasi muktamar di Jombang ini berlangsung di lima tempat berbeda, mulai dari Alun-alun Jombang sebagai venue utama hingga beberapa pesantren yang menjadi tempat rapat pleno komisi yakni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Pesantren Manbaul Maarif Denanyar, Pesantren Darul Ulum Rejoso, serta Pesantren Tebuireng.(penrem 082/ziz)

FOTO: Prajurit Kodam V/Brawijaya saat menyiapkan makanan di dapur umum bagi simpatisan Muktamar NU ke-33 di Jombang.(penrem 082/ziz)