TNI, Polhut, Perangkat Desa dan Warga Padamkan Kebakaran Hutan di Trawas

Moker - 1 Padamkan Api TrawasMOJOKERTO (halopolisi.com) – Kemarau panjang yang belum menunjukkan tanda–tanda akan berakhir menyebabkan terik panas matahari terasa luar biasa, sehingga berdampak pada cepat mengeringnya tumbuh–tumbuhan, terutama yang ada di kawasan hutan sehingga mudah terjadi kebakaran yang berskala lokal. Hal itu seperti terjadi beberapa hari ini di hutan wilayah Trawas, Mojokerto.

Komandan Koramil (Danramil) 0815/15 Trawas, Kapten Inf Khoiri beserta anggota melakukan pemadaman lokasi kebakaran hutan di Kawasan Lereng Gunung Botak (Kawasan Gunung Penanggungan) di Petak 1, Petak 5 dan Petak 6 wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Seloliman dan Ngoro wilayah hukum Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Asal mula kebakaran di Petak 5 RPH Seloliman, kemudian api merambat ke Petak 6 dan Petak 1. Melihat kejadian tersebut, Danramil Ngoro beserta 8 anggota, Polisi Perhutani (Polhut), perangkat Desa Seloliman, LMDH Seloliman dan warga Dusun Balekambang Desa Seloliman Kecamatan Trawas langsung menuju ke titik api dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Selama satu jam upaya pemadaman, petugas berhasil memadamkan dua titik api yakni di Petak 1 dan 5 selanjutnya petugas bergeser ke lokasi Petak 6 dimana api mulai merambat ke kawasan Candi Pertapaan Kendali Sodo. Atas kesigapan petugas gabungan, api dapat dipadamkan secara keseluruhan.(penrem082/ziz)

FOTO: Anggota Koramil Trawas bersama Polhut dan warga saat memadamkan kebakaran hutan.(penrem082/ziz)