Binmas Polres Jember Binluh Antisipasi Pedofilia di SD Muhammadiyah 1

Binmas Polres Jember Binluh Antisipasi Pedofilia di SD Muhammadiyah 1JEMBER (halopolisi.com) – Rentetan kasus pedofilia yang terungkap di Indonesia menjadi momok menakutkan bagi orang tua. Kejahatan seksual yang menimpa anak-anak ini terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini disikapi serius oleh jajaran Polres Jember yang dipimpin AKBP M. Sabilul Alif, SH SIK. Langkah pembinaan dan penyuluhan (Binluh) antisipasi kejahatan pedofilia gencar dilakukan anggotanya.

Kasat Binmas Polres Jember, AKP Niluh tampak melakukan Binluh di SD Muhamadiyah 1 Jember sebagai upaya antisipasi kejahatan pedofilia bagi anak.

Di hadapan guru dan lebih dari 300 siswa, AKP Niluh menerangkan bahwa pelaku pedofil atau penganiaya anak sebagian besar dari kasus yang terjadi adalah orang yang dikenal oleh anak. 30 persen anak yang pernah dianiaya secara seksual dianiaya oleh anggota keluarga, dan 60 persen dianiaya oleh orang dewasa yang mereka kenal namun bukan anggota keluarga. Ini berarti hanya 10 persen anak yang dianiaya secara seksual yang ditarget oleh orang asing.

“Tanggung jawab kita selaku orang tua dan guru mengawasi dan memperhatikan ruang gerak anak kita saat bermain maupun kegiatan ekstrakulikulernya. Kita harus peka terhadap pertanda Grooming bagi pelaku penganiaya anak. Kita harus mencari tahu keberadaan dan ciri-ciri pelaku pedofil di lingkungan sekitar dan kita harus mengajarkan keamanan kepada anak,“ kata AKP Niluh, Selasa (3/11/2015).

Perwira Polres Jember yang bertugas sebagai komandan fungsi bimbingan masyarakat ini juga menjelaskan dampak psikologis yang dialami seorang anak yang mengalami kekerasan fisik maupun seksual, sekaligus memberi tips bagi seorang anak untuk bisa berbuat dan bertindak saat mengetahui dan mengalami kejahatan kekerasan maupun ancaman pelaku pedofil.

“Kita harus tahu dan mengenal persentuhan tidak senonoh dengan menggunakan metode sentuhan baik, sentuhan buruk dan sentuhan rahasia. Kami mengharapkan orang tua dan guru bisa mengajarkan hal ini kepada anak didiknya karena keselamatan anak adalah tanggung jawab bersama,“ pungkas AKP Niluh.(hp jember/ziz)

FOTO: Kasat Binmas Polres Jember saat memberikan Binluh antisipasi kasus pedofilia di SD Muhammadiyah 1.(hp jember/ziz)