250 Catam Kodam Jaya Jalani MOS

Tidak ada komentar 1091 views

mos catam 2JAKARTA (halopolisi.com) – Sebanyak 250 siswa calon Tamtama (Catam) Kodam Jaya menjalani Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II Tahap I Tahun 2015 di Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur. Sebelum menjalani Dikmata, para Catam ini mengikuti masa orientasi (MOS).

Masa Orientasi (MOS) Dikmata dibuka oleh Dansecata Rindam Jaya, Mayor Inf Parada WN Tampubolon, SH. Dikmata meliputi pengenalan pangkalan Rindam Jaya, pengenalan pejabat Rindam Jaya dan pengenalan kehidupan TNI, baik kegiatan fisik maupun kegiatan kerohanian.

Dansecata Rindam Jaya, Mayor Inf Parada WN Tampubolon mengatakan, mulai saat ini prajurit siswa harus segera menyesuaikan diri yaitu kehidupan keprajuritan yang penuh dengan tantangan dan pengorbanan.

“Kalian harus pahami bahwa dalam pendidikan ini, prajurit siswa akan dididik, dilatih dan ditempa serta digodok untuk menjadi prajurit TNI AD yang handal. Oleh karena itu perlu kesiapan mental dan fisik yang prima karena pendidikan ini senantiasa membutuhkan kondisi dan kemampuan fisik yang baik, di samping itu para prajurit siswa harus mempunyai mental dan jiwa pengabdian serta semangat yang tinggi,” kata Mayor Inf Parada WN Tampubolon dalam surat elektroniknya pada halopolisi.com, Senin (23/11/2015).

Menurutnya, semua kegiatan MOS dilaksanakan dengan tujuan untuk mengubah sikap mental sipil menjadi sikap mental prajurit agar dapat mendukung kegiatan pendidikan dalam mencapai Tri Pola Dasar.

“Di sisi lain, MOS digelar agar mengetahui sejauh mana kesiapan fisik, mental serta kepribadian masing-masing siswa,” ujarnya.

Ia menambahkan, Satdik Secata mempunyai tugas untuk membentuk prajurit siswa sebagai prajurit profesional dan akan dididik, dibentuk, dilatih, dibina serta ditempa untuk menjadi prajurit-prajurit TNI AD yang handal, tangguh, disiplin tinggi serta memiliki mental yang didukung oleh integritas moral yang baik, tulus dan ikhlas.

“Kondisi tersebut bisa dicapai apabila setiap individu memiliki budaya belajar dan berlatih serta mampu menempa karakter diri dalam olah keprajuritan sehingga nantinya dapat menyesuaikan dan bisa beradaptasi dengan lingkungan serta tuntutan tugas yang akan datang dikingkungan Angkatan darat,” pungkasnya.(pendam jaya/ziz)

FOTO: Ratusan Catam Kodam Jaya saat mengikuti MOS Dikmata.(pendam jaya/ziz)