www.halopolisi.com menyajikan berita dan informasi seputar dunia kriminal dan kegiatan kepolisian, kegiatan TNI, serta peristiwa umum. || Dapatkan info jadwal SIM dan Samsat Keliling Jatim setiap hari di halopolisi.com. || Jika Anda menemui penyimpangan tindakan anggota Polri atau PNS Polri, catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut. Laporkan ke Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) atau pengaduan di Website Div Propam Polri (www.propam.polri.go.id) atau twitter Div Propam Polri (@propampolri) atau Facebook Div Propam Polri(propam.polri).

Taruna Akpol Lakukan Gerakan Sedekah Oksigen

IMG-20160326-WA023JEMBER (halopolisi.com) – Kesempatan berperan di masyarakat untuk segenap taruna ternyata tidak hanya ketika telah lulus pendidikan. Taruna Akademi Polisi (Akpol), Bharatutar Fikri Andika Putra, telah membuktikannya.

Bahkan di saat libur atau cuti dari pendidikan, Fikri Andika Putra masih sempat menggagas ide menarik yaitu sedekah oksigen. Dan ide sedekah oksigen ini dikemas dengan gerakan menanam buah nusantara.

“Sekaligus kita giat menanam buah yang merupakan potensi pertanian, kita bisa berbuat untuk bumi yang kita pijak. Oksigen dari pohon yang kita tanam, tak lain adalah sedekah oksigen dari kita,” papar Fikri Andika Putra.

Menurut Bharatutar Fikri Andika Putra, sejatinya buah lokal memiliki keunggulan rasa yang jauh dari standart rata-rata. Meski perlu ada peningkatan kualitas seperti bentuk yang lebih besar agar mampu menarik konsumen.

Demi mengawinkan dua keinginan itu yaitu bersedekah oksigen dan membangkitkan ekonomi pedesaan, taruna asal desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Jember tak segan mengalakkan aksi Tanam Buah Nusantara di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S Taruna Bhumi), Sabtu (26/3/2016).

Dalam kegitaan memanfaatkan jeda di hari libu, juga diajak serta para sahabat Fikri Andika Putra yang juga Taruna Akademi Militer (Akmil) Angkatan Darat dan Angkatan Laut yang didampingi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol M. Nas bersama Komandan Sekolah Calon Bintara (Secaba) Jember Mayor Dodik.

Bharatutar Fikri Andika Putra, meyakini buah Manggis yang ditanamnya hasil bantuan dan amanah Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Anton Setiaji melalui Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, akan menjadi embrio bangkitnya kejayaan buah lokal. Apalagi, dia ikut terlibat mendorong para peneliti buah lokal agar terus menghasilkan karya untuk bangsa.
“Saya optimis Buah Nusantara akan menjadi raja buah di dunia sekaligus keberadaan pohon yang produktif tersebut akan dijaga dan punya manfaat besar pada lingkungan,” tegasnya.

Dalam kesempatannya pulang kampung, Fikri Andika Putra tidak hanya sekedar menanam bibit buah unggulan. Alumnus SMAN 2 Jember itu juga ikut memetik buah duku di panen raya yang digelar di Dusun Pucukan. Hasil panennya pun sengaja tidak dia jual, melainkan dibagi ke sejumlah warga untuk kepentingan kampanye memakan buah lokal.

“Setelah dukunya kita bagikan, ternyata warga mengaku tertarik mengkonsumsinya karena buahnya lebih besar, segar dan manis,” kata Fikri dengan penuh keyakinan.

Fikri Andika Putra sadar, persoalan lesunya pasar buah lokal yang diantaranya kalah bersaing dengan produk impor, juga karena ‘image’ pasar yang terlanjur meyakini buah impor selalu lebih unggul. Selain itu, dia sadar kebanggan mengkonsumsi buah lokal juga harus digeliatkan. “Ketika warga sudah bangga mengkonsumsi buah lokal, pola apa apun yang dilakukan pegiat buah impor, bakal tidak mempengaruuhi nilai tawar Buah Nusantara,” jelasnya.

Dandim Letkol TNI AD M. Nas mengapresiasi semangat yang ditunjukkan Bharatutar Fikri Andika Putra. Sebagai taruna yang masih berusia muda, dia optimis kader bangsa akan terus tercipta di bumi pertiwi ini. Dia pun tegas, menyebut nasionalisme menjaga NKRI juga bisa diaplikasikan dengan ikut mencintai produk lokal juga kepedulian pada kelestarian lingkungan.(jtc/ziz)

FOTO: Taruna Akpol bersama Taruna Akmil saat menanam pohon di Jember.(wis)


Baca juga:

  • Tim Futsal Wartawan Surabaya Target Rebut Bupati Blora CUP 2016
  • UU Pensiun Karyawan Swasta Disahkan Presiden Sebelum Juli 2015
  • Tingkatkan Pembinaan Umat Bersama Akademi Dai Indonesia
  • Kansai Paint Warnai Masjid-masjid di Indonesia
Tentang Kami || Redaksi|| Kontak || Disclaimer||
Copyright © 2014 HALOPOLISI.