Operasi Bersinar, Personil Polres Banyuwangi Jalani Tes Urine

tes urineBANYUWANGI (halopolisi.com) – Seluruh personil Polres Banyuwangi plus para Kapolsek dan perwakilan anggotanya menjalani tes urine di Mapolres Banyuwangi, Selasa (5/4/2016).

Tes urine digelar Polres Banyuwangi dengan melibatkan tim Dokter Kesehatan RS Bhayangkara Bondowoso.Kegiatan ini dalam rangka menjalankan Operasi Bersinar Semeru 2016 yang digelar secara nasional untuk memerangi peradaran narkoba sejak 21 Maret-20 April 2016.

Menurut Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama, tes urine ini menyasar internal anggota untuk dijadikan pijakan sebelum melakukan razia keluar.

“Kita akan membersihkan masyakarat dari narkoba yang diawali dari internal Polri. Kita ingin memastikan anggota bersih dari narkoba, setelah itu baru menyasar instanasi lain semisal Pemda. Sehingga seluruh instansi pemerintahan bebas dari narkoba,” urainya.

Tes urine yang melibatkan sekira 400 personil ini juga diikuti Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama dan Wakapolres I Made Dhanu Ardana. Para Kabag dan Kasat juga tak luput dari tes urine. Para pejabat utama Polres Banyuwangi ini mengantri bersama para anggota lain di bawahnya di depan toilet Ruang Sarana Prasana.

Sebelum masuk toilet, terlebih dulu para personil kepolisian ini mendaftar pada tim Dokkes untuk mengambil kotak wadah air seni. Para anggota kepolisian itu keluar kamar mandi sambil tersenyum dan menyerahkan urinenya kepada petugas.

“Apabila ada anggota yang tesnya positif akan kita dalami. Apakah positif menggunakan narkoba atau pengaruh konsumsi obat kesehatan. Jika positif memakai narkoba akan kita beri sanksi sesuai aturan kode etik,” tegas AKBP Bastoni Purnama.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Anggota Polres Banyuwangi saat menjalani tes urine.(hp banyuwangi/ziz)