Polres Banyuwangi Amankan UNBK Berbaju Batik Tanpa Senjata Laras Panjang

pelaksaan unas2BANYUWANGI (halopolisi.com) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat telah memasuki hari ketiga. Pengawalan yang dilakukan petugas Polres Banyuwangi juga tidak mengendur. Mulai dari pengambilan lembar pertanyaan plus jawaban di Mapolsek yang ditunjuk hingga pengamanan pelaksanaan di masing-masing sekolah.

Pengawalan UNBK tahun ini memang beda dengan tahun lalu. Di Banyuwangi, anggota kepolisian yang diberi tugas melakukan pengawalan wajib mengenakan pakaian batik.

Selain itu, pengawalan tidak diperkenankan menggunakan senjata laras panjang agar tidak mengganggu konsentrasi peserta ujian.

“Sekalian agar tidak mengandung kesan polisi menyeramkan. Pengamanan cukup menggunakan senjata laras pendek saja yang penting pelaksanaan UNBK berjalan aman. Baik itu distribusi logistik naskah ujian maupun pelaksanaannya yang bebas dari kecurangan,” terang Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama, Rabu (6/4/2016).

Kapolres Banyuwangi menambahkan, semua naskah yang hendak diujikan di masing-masing rayon maupun subrayon penyelenggara UNBK wajib disimpan di Mapolsek. Begitupun setelah ujian dilaksanakan, naskah dan lembar jawaban harus kembali masuk penyimpanan di bawah pengawasan aparat.

“Biasanya penyimpanan naskah di tingkat rayon maupun subrayon ada di sel Mapolsek. Pemegang anak kunci dua orang, yakni ketua rayon maupun subrayon dan kapolsek. Ketatnya pengawasan naskah ini untuk menghindari kecurangan yang bisa menimbulkan kekisruhan,” papar AKBP Bastoni Purnama.

Proses pengambilan juga tidak sembarangan. Penyelenggara UNAS harus menandatangani berita acara pengambilan atau penyerahan naskah di mapolsek. Prosedur itu wajib dilakukan tiap kali hendak maupun mengembalikan logistik ujian.

“Dari Mapolsek ke sekolah tempat ujian digelar ada anggota polisi yang turut melakukan pengawalan. Sehingga tidak ada celah bagi oknum tertentu untuk main-main dan melakukan kecurangan,” tegasnya lagi.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Anggota Polres Banyuwangi saat mengawal UNBK SMA sederajat.(hp banyuwangi/ziz)