Polres Banyuwangi Kawal Internasional Tour de Banyuwangi Ijen

ITdBIBANYUWANGI (halopolisi.com) – Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) resmi digeber mulai hari ini, Rabu (11/5/2016). Waduk Sidodadi di Kecamatan Glenmore menjadi titik start dietape pertama.

Event tahunan yang menurut rencana digelar selama empat hari itu mendapat pengamanan ketat dari aparat. Polres Banyuwangi telah memploting para personilnya untuk melakukan pengamanan lintasan yang dilalui para pembalap sepeda kelas dunia. Bersama polisi ada anggota TNI dan Linmas yang turut membantu pengamanan lintasan.

Sejak Rabu pagi, persiapan di titik start telah terasa. Sejumlah personil polisi melakukan apel bersama jajaran lain untuk mengamankan pelaksanaan lomba balap sepeda di titik pemberangkatan. Wilayah polsek yang dilalui ITdBI juga melakukan persiapan serupa.

Kesibukan itu terlihat di Polsek Tegalsari, Siliragung, Cluring dan Singojuruh. Sebelum ditugaskan menjaga keamanan lintasan, para personil gabungan menjalani apel di masing-masing polsek. Para kapolsek selaku pemangku wilayah memimpin jalannya apel itu.

Kabagops Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo menjelaskan, ploting pengamanan lintasan ITdBI sudah disebar ke masing-masing polsek sejak Senin (9/5/2016) lalu. Penempatan tugas pengamanan masing-masing anggota tersebut dikirim melalui email lebih awal supaya segera dipelajari para anggota.

“Tugasnya tidak hanya mengamankan perempatan, pertigaan atau tikungan. Seluruh titik yang dianggap rawan akan dijaga oleh anggota dibantu TNI dan Linmas,” tukasnya.

Pengamanan ini akan berlangsung selama empat hari. Polri sebagai pengemban pengamanan lintasan berupaya melakukan tugas tanpa cela karena kegiatan ini diikuti pebalap dari 21 negara.

“Kami mohon warga mematuhi arahan anggota di lapangan agar tidak terjadi krodit. Mari sama-sama kita sukseskan helatan balap sepeda tingkat dunia ini. Jangan menerobos lintasan apabila tidak diijinkan aparat. Itu bisa berbahaya bagi penerobos, pebalap dan krunya ,” saran Kabagops.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Personil Polres Banyuwangi saat mengawal Internasional Tour de Banyuwangi Ijen.(hp banyuwangi/ziz)