Polres Banyuwangi Musnahkan Ribuan Liter Miras

Tidak ada komentar 286 views

pemusnahan mirasBANYUWANGI (halopolisi.com) – Polres Banyuwangi menargetkan Ramadhan 1437 H bebas maksiat dan minuman keras (Miras). Hal ini ditandai dengan pemusnahan sekira 5.000-an liter Miras berbagai jenis di halaman Mapolres Banyuwangi, Sabtu (4/6/2016).

Miras yang dimusnahkan ini merupakan hasil Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) selama kurang lebih 10 hari. Sebanyak 2.245 botol Miras berbagai merek dilindas slender disaksikan Kapolres AKBP Budi Mulyanto SIK, Ketua MUI Banyuwangi H. Yamin LC, pejabat utama Polres Banyuwangi dan sejumlah tamu undangan.

Selain itu, 1.820 liter arak Bali yang tersimpan dalam 52 jerigen berkapasitas 35 liter turut dimusnahkan. Berbeda dengan Miras dalam botol yang dilindas menggunakan alat berat, Miras asal Pulau Dewata itu dibuang ke jalanan dengan cara merusak jerigennya menggunakan clurit.

Operasi Cipkon ini berhasil menjaring 104 kasus dengan 104 tersangka tindak pidana ringan. Para pelanggar telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi. Di samping itu aparat Polres dan Polsek juga berhasil mengungkap 214 kasus penjual dan pengkonsumi Miras saat razia. Jumlah pelaku yang dibina berjumlah 222 orang.

Pemusnahan Miras ini dijelaskan Kapolres Banyuwangi sebagai penanda bahwa aparat dalam menyambut puasa Ramadhan ingin menciptakan kekhusukan warga dalam menjalankan ibadah yang dijalani setahun sekali. Langkah ini juga untuk meredam timbulnya gangguan kamtibmas akibat penyalahgunaan miras.

“Kita juga ingin mereduksi adanya tindak pidana kekerasan terhadap perempuan,” kata AKBP Budi Mulyanto.

Miras menimbulkan bahaya bagi para penggunanya. Para pengkonsumsi bisa menyebabkan sakit liver. Apalagi miras oplosan yang diberi racun tikus maupun obat lulur. Itu bisa menyebabkan kematian.

“Bagi lingkungan, perbuatan orang yang menyalahgunakan miras bisa menimbulkan ketidakteraturan sosial. Terutama sangat menganggu tetangga. Sejauh ini jeratan yang bisa diterapkan kepada penyalahguna miras hanya tipiring saja. Berbeda dengan kasus narkoba yang hukumannya lebih berat,” tambah AKBP Budi Mulyanto.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Polres Banyuwangi saat memusnahkan Miras.(hp banyuwangi/ziz)