Polres Trenggalek Luncurkan 8 Program Unggulan Selama Ramadhan, Ini Dia

unnamed (1)TRENGGALEK (halopolisi.com) – Bulan suci Ramadhan dimanfaatkan jajaran Polres Trenggalek untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengabdiannya masyarakat.

Kapolres Trenggalek, AKBP I Made Agus Prasatya, SIK, MHum meluncurkan beberapa program unggulan terbarunya yang memang khusus diciptakan dan digelorakan selama Ramadhan.

Ada 8 program sekaligus yang disuguhkan sebagai wujud kepedulian Polres Trenggalek kepada segenap lapisan masyarakat. Kedelapan program unggulan Polres Trenggalek pada Ramadhan 1437 H ini sebagai berikut:

Gema Ramadhan
Program Gema Ramadhan merupakan akronim dari Gerakan Resik-Resik Bulan Ramadhan, yakni kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh anggota Polres dan Polsek jajaran berupa kerja bakti membersihkan tempat-tempat ibadah. Sasaran program ini tak hanya tempat ibadah umat Islam saja, tetapi dilaksanakan menyeluruh di tempat-tempat ibadah umat beragama lainnya yang tersebar di wilayah Trenggalek.

Ngabuburit Bareng Kapolres Trenggalek
Program yang dikemas berupa acara santai dan bersifat non formal ini diisi dengan dialog interaktif tentang kamtibmas bersama Kapolres Trenggalek maupun pejabat utama Polres. Peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa dari komunitas tertentu, ormas, yatim piatu maupun kelompok masyarakat lainnya. Selain ngobrol tentang kamtibmas, kegiatan ini diisi pula dengan ceramah keagamaan yang bersifat komunikatif sebagai wahana peningkatan kualitas iman dan taqwa selama bulan suci Ramadhan.

Polisi Berbagi Ramadhan
Program ini dilaksanakan dengan mengedepankan peran Srikandi Polres yang merupakan jajaran Polwan dan Bintara Remaja Polres Trenggalek untuk membagikan takjil di beberapa titik strategis yang ada di wilayah Trenggalek. Tak hanya menu takjil saja, mereka juga membagikan menu buka puasa kepada tukang becak maupun kaum marjinal lainnya agar berkah di bulan suci ini dapat pula dirasakan oleh saudara-saudara yang (maaf) kurang mampu tersebut. Disela-sela pembagian menu takjil dan buka puasa, para Srikandi juga membagikan brosur tentang kamtibmas maupun kajian Islam.

Kampung Ramadhan
Kapolres atau pejabat utama Polres hingga Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek melaksanakan buka bersama masyarakat di pedesaan secara sederhana sebagai bentuk kedekatan Polri kepada masyarakat. Program ini dilaksanakan sekaligus sebagai bentuk kegiatan patroli wilayah secara berkesinambungan dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas.

Ramadhan Cendekia
Program ini dilaksanakan dengan konsep pemberian bimbingan dan penyuluhan kepada pelajar maupun elemen masyarakat tentang pentingnya kamtibmas kondusif maupun kajian teoritis yang berkaitan dengan tertib berlalu lintas yang ditutup dengan buka bersama. Program ini digagas sebagai bentuk keprihatinan Polri terhadap kasus-kasus yang marak terjadi akhir-akhir ini utamanya menyangkut masa depan remaja sebagai generasi penerus bangsa.

Sambang Pondok Pesantren
Program ini merupakan anjangsana Kapolres, pejabat utama maupun pejabat yang ada di tingkat Polsek ke ponpes-ponpes di wilayah Trenggalek. Selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada para tokoh agama, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden RI. Dikatakan mendukung program revolusi mental karena sistem pengajaran yang diterapkan di ponpes, yang notabene mengutamakan pembinaan akhlaq dan mental spiritual para santrinya secara bertahap diterapkan pula di lingkungan Polri, sehingga diharapkan insan-insan Tribrata tersebut menjadi aparat penegak hukum yang berakhlaqul karimah.

Patroli Ramadhan
Meningkatnya pola dan aktifitas masyarakat selama bulan Ramadhan tak jarang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk melancarkan aksi jahatnya. Tak ingin berspekulasi dengan dinamika kamtibmas, Polres Trenggalek terapkan pola patroli dengan penambahan kuantitas personel maupun intensitas kegiatannya sebagai langkah preventif cipta kamtibmas kondusif. Beberapa pola kegiatan patroli Ramadhan tersebut diantaranya yakni patroli Grebeg Sahur, patroli Semarak Fajar, patroli Harkamtibmas, patroli Ngabuburit dan patroli Birukan Trenggalek

Polwan Mengaji
Masih berkaitan dengan pengamanan dan pelayanan di bulan suci Ramadhan, Polres Trenggalek menggelar program Polwan Mengaji dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada bulan suci ini. Setiap selesai apel sore Srikandi (Polwan) Polres Trenggalek ke masjid-masjid, TPA, dan pondok pesantren membantu ustadz dan ustadzah mengajar mengaji kepada anak-anak didik mereka. Kehadiran Polwan-Polwan ini tentu saja menarik perhatian masyarakat. Biasanya mereka tampil menggunakan seragam lengkap khas Polisi, berpenampilan tegas dan berwibawa, namun pada saat mengajar mengaji mereka tampil dengan seragam Polisi berhijab lengkap dengan Alquran di tangan sehingga terlihat lebih bersahaja.

“Program inovasi ini kami gelarkan untuk menciptakan Trenggalek bersahaja, beriman dan tentunya tetap kondusif selama pelaksanaan Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Semoga keberadaan Polri semakin dicintai masyarakat,” kata AKBP I Made Agus Prasatya pada halopolisi.com, Sabtu (11/6/2016).(hp trenggalek/ziz)

FOTO: Jajaran Polres Trenggalek saat menjalankan tugas patroli dengan profesional saat Ramadhan.(hp trenggalek/ziz)