Urdokkes Fogging Mapolres Trenggalek

Tidak ada komentar 209 views

fogging trenggalekTRENGGALEK (halopolisi.com) – Kepedulian Urusan Kedokteran dan Kesehatan (Urdokkes) terhadap kesehatan segenap keluarga besar Polres Trenggalek memang tak diragukan lagi. Peran Urdokkes di bawah kendali Bripka Dwi Cipto Subagyo AMd Kep SH ini memang begitu vital dalam mendukung kelancaran tugas-tugas kepolisian.

Bertindak sebagai paramedis di lingkungan Polri, kesigapan mereka memang sangat diperlukan diantara tugas-tugas kepolisian yang penuh risiko. Kamis (21/7/2016), kali ini pasukan Urdokkes tampak membawa peralatan khusus dengan wajah tertutup masker. Ya, rupanya mereka bersiap untuk melakukan pembasmian sarang nyamuk melalui metode fogging.

“Fogging atau pengkabutan menjadi salah satu metode yang sering digunakan dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Pada metode ini, suatu lokasi disemprot dengan bahan khusus pembasmi serangga menggunakan mesin,” kata Brigadir yang akrab dipanggil DC ini.

DC pun menambahkan, fogging yang dilakukan tiap semester ini bertujuan untuk memberantas nyamuk-nyamuk dewasa yang kemungkinan baru melewati masa pertumbuhannya. Seperti diketahui, hanya dibutuhkan waktu delapan hari untuk jentik nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa.

“Fogging yang efektif dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai pukul 10.00 WIB dan sore hari pada pukul 15.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, bila dilakukan pada siang hari nyamuk sudah tidak beraktifitas dan asap fogging mudah menguap karena udara terlalu panas,” jelas DC.

Menurut Bintara Polri lulusan 2004 itu, sasaran fogging kali ini meliputi lingkungan Polres dan beberapa Polsek jajaran. Tak hanya fogging saja, kru Urdokkes pun menyempatkan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, sekaligus memberikan beberapa vitamin kepada segenap personel yang sedang berjaga agar kondisinya tetap prima.

“Melihat kedatangan kami, rekan-rekan yang sedang bertugas pun minta diperiksa kesehatannya. Ya kita layani, sudah menjadi tugas kami,” terang DC sambil tersenyum.(hp trenggalek/abi)

FOTO: Pelaksanaan fogging di lingkungan Polres Trenggalek.