Presiden RI Lantik 720 Perwira Remaja TNI-Polri di Magelang

jokowi lantik tniMAGELANG (halopolisi.com) – Perjalanan perwira remaja baru saja dimulai, perjalanan jadi perwira yang setia mengabdi pada bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

“Sebagai masa depan TNI dan Polri, kalian akan menjadi penentu pelaksana reformasi di institusi kalian masing-masing. Ingat, bahwa reformasi TNI dan Polri adalah kunci menghadapi masa depan, dalam mengatasi tantangan-tantangan kedaulatan negara dan Kamtibmas, yang perubahannya semakin cepat,” kata Presiden RI H Joko Widodo saat melantik 720 Perwira Remaja TNI-Polri Angkatan 2016, di Magelang, Selasa (26/7/2016).

Lulusan yang dilantik terdiri dari Akademi TNI jumlah 420 orang yaitu 221 personel Akmil, 91 personel AAL, 108 personel AAU dan Akademi Kepolisian jumlah 300 orang terdiri dari 251 personel Taruna dan 49 personel Taruni.

Pada Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri, Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara. Dalam upacara tersebut turut hadir Ibu Negara Ibu Hj. Iriana Joko Widodo. Sedangkan Komandan Upacara adalah Kolonel Inf. Joko Andoko, yang tugas sehari-hari sebagai Komandan Resimen Chandra Dimuka Akademi TNI.

Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan bahwa, di dalam negeri terjadi upaya-upaya pengeroposan nilai-nilai Pancasila, tindak kekerasan terkait anarkisme terkait agama, terorisme, meningkatnya peredaran Narkoba, penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Di luar negeri isu-isu seperti kompetisi global, permasalahan perbatasan, konflik antar negara, konflik intra negara, peperangan asimetris, perebutan cadangan energi, perlombaan senjata oleh negara-negara berkekuatan militer besar, maupun berkembanganya ISIS dan terorisme, menjadi isu-isu yang memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap Indonesia.

“TNI dan Polri merupakan alat negara terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI. Oleh sebab itu, TNI dan Polri harus bersinergi, harus berkoordinasi harus bersatu bergotong royong, untuk kepentingan bangsa negara dan rakyat Indonesia, hilangkan ego sektoral, tingkatkan jiwa korsa dan soliditas dan solidaritas TNI dan Polri, pelihara kemanunggalan TNI dan Polri dengan rakyat,” tegas Presiden RI.(puspen tni/abi)

FOTO: Jokowo saat melantik perwira remaja.(puspen tni)

Tag: