Kabar Gembira, Jatim Gelar Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

unnamedTRENGGALEK (halopolisi.com) – Masyarakat Jawa Timur patut bergembira. Tahun ini, Pemprov Jatim kembali mengeluarkan pengampunan denda pajak kendaraan bermotor dan insentif pajak daerah yang berlaku untuk warga Jawa Timur. Masyarakat yang belum membayar pajak kendaraan bermotor segala jenis akan dibebaskan dendanya.

“Ini dalam rangka mengurangi beban masyarakat pemilik kendaraan bermotor yang terkena dampak perlambatan ekonomi, dan berakibat terlambat membayar pajak kendaraan bermotor, serta memberikan insentif bagi masyarakat yang akan melakukan Bea Balik Nama (BBN) kendaraan bermotor kepemilikan kedua dan seterusnya,” kata Kanitregident Satlantas Polres Trenggalek, Iptu Ega Prayudi, S.IKom, Sabtu (3/9/2016).

Keringanan dan pembebasan pajak daerah yang biasa dikenal dengan sebutan “pemutihan” ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 44 Tahun 2016.

Sebagaimana tertuang dalam Pergub tersebut, pemberian keringanan dan pajak daerah ini meliputi pembebasan pokok dan sanksi administratif berupa kenaikan atau bunga BBN-KB atas penyerahan kedua dan seterusnya, serta pembebasan sanksi administratif berupa kenaikan atau bunga pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua, roda tiga, roda empat atau lebih.

“Kebijakan ini berlaku efektif selama tiga bulan, mulai tanggal 5 September sampai 3 Desember 2016,” tutur Iptu Ega.

Pihaknya berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya serta tidak melakukan pembayaran pada waktu menjelang habis masa efektif.

“Terkait program ini, mohon bantuannya untuk disebarluaskan kepada segenap elemen masyarakat,” pinta Iptu Ega.(hp trenggalek/ziz)
FOTO: Layanan Samsat Polres Trenggalek.(hp trenggalek/ziz)