Polres Banyuwangi Genjot Kemampuan Sabhara

Tidak ada komentar 201 views

sabharaBANYUWANGI (halopolisi.com) – Kemampuan anggota Sabhara di jajaran Polres Banyuwangi bakal ditingkatkan. Sebab itu, para Kanit Sabhara Polsek dan anggota Sabhara Polres Banyuwangi dikumpulkan di Ruang Rupatama Mapolres Banyuwangi, Selasa (27/9/2016).

Kegiatan ini dibuka oleh Kabagsumda Kompol Mustakim. Kasat Sabhara, AKP Basori Alwi selanjutnya memberikan wejangan khusus tentang fungsi tehnis Sabhara agar lebih profesional. Pelatihan teknis itu meliputi 6 poin yang harus dikuasai anggota Sabhara.

“Enam teknik itu meliputi kemampuan bantuan SAR, Dalmas, negosiasi, Turjawali, penanganan awal TKP dan tindak pidana ringan,” beber AKP Basori Alwi usai memberikan pembekalan.

Beberapa teknik sudah diajarkan kepada anggota Sabhara Polres Banyuwangi. Teknik itu adalah Dalmas dan negosiasi ketika pengamanan demonstrasi. Bahkan kemampuan teknik tersebut telah diperagakan secara gabungan bersama Pengadilan Negeri Banyuwangi beberapa waktu lalu.

“Fungsi Dalmas dan negosiasi telah dikuasai anggota, terutama Polres. Kami ingin kemampuan serupa juga dimiliki Sabhara Polsek,” sambung Kasat Sabhara.

Pelajaran terbaru yang sedang digulirkan terkait teknik bantuan SAR. Latihan awal bakal digelar di kolam renang untuk memudahkan para anggota dalam belajar. Selanjutnya latihan sesungguhnya bakal dilakukan di laut.

“Rata-rata kemampuan fungsi Sabhara yang telah dikuasai adalah Dalmas. Bantuan SAR relatif belum tersentuh, makanya kita lakukan pelatihan,” paparnya lagi.

Pelatihan teknik lain semisal Turjawali, penanganan awal TKP dan Tipiring juga akan diberikan. Hanya saja pelatihannya akan diberikan secara berkala dan berkelanjutan sehingga 6 fungsi Sabhara dikuasai para anggota.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Polres Banyuwangi saat menggenjot fungsi Sabhara.(hp banyuwangi/ziz)