LDII Usulkan Konsesi Nasional Sebagai Pondasi Bangsa

img00382-20161105-1143SURABAYA (halopolisi.com) – Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengusulkan adanya konsesi nasional sebagai pondasi bangsa. Usulan ini akan direkomendasikan dalam musyawarah nasional LDII 2016 yang digelar pada 8-10 November di Balai Kartini, Jakarta.

“Masak Indonesia tidak bisa, dimana-mana itu negara mempunyai rencana jangka panjang. Meski ganti pemerintahan, ganti kebijakan, tetap berjalan dalam koridor ini” kata Ketua DPP LDII Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan, Ir. H. Prasetyo Sunaryo, MT, Sabtu (5/11/2016).

Usulan ini dilontarkan LDII berdasar fakta jika bangsa Indonesia mempunyai selama ini belum memiliki arah kebijakan untuk masa depan, sehingga rencana jangka panjang yang harus diimplementasikan mendesak dilahirkan.

“Rekomendasi Munas besar kemungkinan perlunya bangsa Indonesia mempunyai rencana jangka panjang 2030. Penduduk kita lebih 300 juta kalau tidak disiapkan misalkan program pangan atau energi akan bahaya,” terangnya.

Selain mengusulkan konsesi nasional, ada tiga rumusan yang akan menjadi pembahasan di Munas LDII. Salah satu topik pembahasan yakni gerakan hormati guru.

“Bangsa bisa maju kalau bangsa itu hormati guru nya, orang tua, pejabat juga harus hormati guru. Ketika bangsa hormati guru peluang jadi bangsa maju besar,” paparnya.

Tidak hanya itu internet sehat juga menjadi pembahasan utama. Serbuan teknologi digital seperti Media Sosial selain membawa dampak positif juga menjadi dampak negatif.

“Teknologi digital. Bagaimana memanfaatkan media spesial. Medsos itu menjadi pemberdayaan bukan pelampiasan,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting yakni pemberdayaan UMKM. Itu dipandang perlu sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Bahkan LDII juga berencana meluncurkan laman “pikub.com” pada saat pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas).

“Laman tersebut digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengembangkan usahanya, khususnya yang berbasis syariah,” paparnya.

Munas yang akan digelar di Balai Kartika Jakarta itu rencananya juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan pejabat negara lainnya.(wis/ziz)

FOTO: LDII saat mengusulkan konsesi nasional jelang Munas.(wis)

Tag: