Gus Ipul Garap Kerjasama Dagang dengan Negara yang Punya Perwakilan di Jatim

img-20161128-wa000BUDAPEST (halopolisi.com) – Sejumlah negara yang memiliki perwakilan di Surabaya menjadi target utama misi dagang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

“Kalau mereka punya perwakilan itu berarti serius dalam melihat kita,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dalam rilisnya pada halopolisi.com, Senin (28/11/2016).

Gus Ipul, sapaan karib Saifullah Yusuf mengemukakan hal itu terkait dengan kunjungan kerja ke dua negara Balkan, Polandia dan Hungaria selama sepekan. Di dua negara tersebut, delegasi Pemprov Jatim membawa misi dagang dan merintis kerjasama di berbagai bidang.

Di Polandia, Gus Ipul telah menuai hasil nyata. Sejumlah kesepakatan sudah ditandatangani. Tahun depan delegasi pengusaha Polandia berkunjung ke Jawa Timur. Universitas Negeri Surabaya sudah menandatangani MOU (Memorandum of Understanding) dengan Gdanks University of Phisical Education and Sport.

Di Hungaria, Gus Ipul dan rombongan menggelar pertemuan dengan para pengusaha setempat. Sama seperti di Polandia, Gus Ipul melakukan penjajagan terhadap berbagai kemungkinan untuk meningkatkan perdagangan antar kedua negara, khususnya dengan Jawa Timur.

Tak hanya itu, Gus Ipul dan delegasi juga menyelami kemampuan negeri yang pernah menjadi negara bagian Uni Soviet ini dalam bidang pariwisata.

“Negeri ini tidak punya sumber daya alam. Namun mampu mendatangkan 30 juta turis setiap tahunnya?” tuturnya.

Menurutnya, keberhasilan menggenjot kunjungan wisata tersebut bisa menutup defisit perdagangan luar negerinya. Pariwisata Hungaria bisa menghasilkan devisa negara sebesar USD 2,5 miliar atau setara Rp 30 Triliun setiap tahunnya.

Mengapa Pemprov Jatim memilih Polandia dan Hungaria jadi misi dagangnya tahun ini? Hal ini, kata Gus Ipul, karena kedua negara tersebut telah memiliki konsulat di Surabaya. Penempatan perwakilan itu menunjukkan keseriusan negara tersebut untuk menjalin hubungan dengan Jatim.

“Kami akan membalas keseriusan mereka dengan berusaha membangun kerjasama yang lebih baik. Apakah itu kerjasama antar pemerintah maupun masyarakat dan masyarakat, terutama perdagangan,” katanya.

Gus Ipul mengakui bahwa belum semua negara yang punya perwakilan di Surabaya punya kerjasama yang optimal dengan Pemprov Jatim. Namun, dia berjanji akan terus meningkatnya sehingga bermanfaat bagi rakyat Jatim maupun negara yang bersangkutan.

Seperti diketahui, selain perwakilan tetap seperti AS, China, san Jepang. Sejumlah negara telah mengangkat konsul kehormatan dari warga negara Indonesia. Misalnya, Polandia menunjuk Soedomo Margonoto, sedangkan Hungaria R Rajimin.(rls/ziz)
FOTO: Gus Ipul bersama rombongan saat berada di depan Gedung Parlemen Budapest.(rls)

Tag: