www.halopolisi.com menyajikan berita dan informasi seputar dunia kriminal dan kegiatan kepolisian, kegiatan TNI, serta peristiwa umum. || Dapatkan info jadwal SIM dan Samsat Keliling Jatim setiap hari di halopolisi.com. || Jika Anda menemui penyimpangan tindakan anggota Polri atau PNS Polri, catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut. Laporkan ke Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) atau pengaduan di Website Div Propam Polri (www.propam.polri.go.id) atau twitter Div Propam Polri (@propampolri) atau Facebook Div Propam Polri(propam.polri).

Tekan Laka Lantas, Polres Banyuwangi Sosialisasi ke Sekolah

BANYUWANGI (halopolisi.com) – Memasuki tahun 2017, Satlantas Polres Banyuwangi fokus menekan pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas. Upaya itu ditempuh Kanit Dikyasa Satlantas Polres Banyuwangi Ipda Datik dan Kanitlaka Iptu Budi Hermawan gencar melakukan sosialisasi tentang tertib berkendara.

Seperti dilakukan Ipda Datik dengan mengunjungi SMPN I Giri, Selasa (10/1/2017). Para siswa diminta tidak datang ke sekolah mengendarai sepeda motor sendiri. Soalnya, itu termasuk bagian dari pelanggaran tata tertib berkendara. Mengingat pelajar SMP yang usianya belum genap 17 tahun sudah pasti tidak mengantongi surat ijin mengemudi (SIM).

“Silakan minta orang tua, kerabat atau orang terdekat yang sudah mengantongi SIM untuk mengantar,” pesannya di hadapan ratusan siswa SMPN I Giri.

Apabila dilanggar dan terlibat Laka Lantas maka orang tuanya dianggap bertanggung jawab dan anak di bawah umur tersebut sesuai pasal 281 Undang-Undang Lalulintas Nomer 22 tahun 2009 tegas dijelaskan bahwa sanksi pidana yang dijatuhkan bagi pengguna sepeda motor yang tidak memiliki SIM adalah kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

“Mulai sekarang jangan lagi mengendarai motor sendiri karena belum punya SIM. Tidak hanya dalam urusan sekolah, di rumah juga dilarang,” pinta Ipda Datik.

Pelarangan ini juga berkaitan dengan penyedia jasa parkir yang bertebaran di sekitaran SMPN I Giri. Kanitdikyasa mengimbau kepada penyedia jasa parkir agar tidak melayani konsumen pelajar yang masih SMP.

“Pemilik lahan parkir yang kita imbau khusus di sekitaran Jalan Wijaya Kusuma. Kebetulan lokasinya berdekatan dengan SMPN I Giri. Untuk wilayah lain akan menyesuaikan,” jelasnya lagi.

Cara sosialisasi yang ditempuh Kanitlaka Satlantas Polres Banyuwangi Ipda Budi Hermawan dalam menekan terjadinya kecelakaan lalulintas beda lagi. Perwira pertama asal Cluring yang baru naik pangkat menjadi inspektur polisi satu (Iptu) akhir Desember 2016 tersebut justru gencar menyuarakan imbauannya lewat radio.

Stasiun radio yang didatangi adalah Radio VIS FM di Jalan MT Haryono 59 Banyuwangi dan Radio Bintang Tenggara FM di Jalan Raya Genteng, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran. Di dua radio ini, Kanitlaka Iptu Budi Hermawan, meminta para pengendara agar berhati-hati di jalan serta melengkapi diri dengan alat pengaman.

“Jika naik motor pakai helm dan jaket. Andai hendak perjalanan jauh lebih baik pakai sepatu. Umpama terjadi insiden di jalan tubuh bisa terlindung. Kalau naik mobil, ya jangan malas pakai sabuk pengaman,” tukasnya.

Lebih penting lagi, pengemudi harus melengkapi kendaraannya dengan STNK maupun SIM. Dua surat itu sangat penting ketika melaju di jalanan. Karena Satlantas Polres Banyuwangi secara rutin menggelar razia kendaraan di titik-titik rawan.

“Operasi digelar secara acak namun rutin. Agar tidak kena tilang, mohon bawa SIM dan STNK serta perlengkapan berkendara. Jangan lupa kendaraan juga harus memenuhi standar kelayakan. Misalnya harus ada dua spion,” bebernya lagi.

Menurut Iptu Budi, terjadinya lakalantas banyak disebabkan tingkah pengemudi yang kurang tertib. Ugal-ugalan dan tidak memperhitungkan keselamatan saat berkendara menjadi penyebab. Untuk faktor kelayakan kendaraan dalam beberapa kasus juga menjadi pemicu.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Anggota Polres Banyuwangi saat sosialisasi tertib berlalulintas di sekolah.(hp banyuwangi/ziz)


Baca juga:

  • Polsek Wongsorejo Gelar Perayaan Isra’ Mi’raj
  • Polres Banyuwangi Sebar Anggota Kawal Gereja
  • Polres Banyuwangi Terima 50 Siswa Brigadir Pusdik Sabhara untuk Magang Kerja
  • Kegigihan Aiptu Ririn Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu
Tentang Kami || Redaksi|| Kontak || Disclaimer||
Copyright © 2014 HALOPOLISI.