Cegah Pungli, Tim Saber Pungli Polres Madiun Pasang Stiker

MADIUN (halopolisi.com) – Untuk memberantas pungutan liar (Pungli) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madiun, tim saber pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) mengawali aksinya dengan cara pemasangan stiker.

Pemasangan stiker diprioritaskan di tempat/instansi pelayanan publik antara lain Kantor Kecamatan Mejayan, Kantor Uji Kir Dishub Madiun, Rumah Sakit Panti Waluyo dan kantor Kelurahan Mejayan.

Dalam aksi pemasangan stiker ini terdiri dari unsur Pemkab Madiun, Kodim 0801 Madiun, Polres Madiun dan Kejaksaan Negeri Mejayan.

Tim Saber Pungli Madiun terbentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 untuk mencegah berkembangnya pungutan liar di berbagai sektor organisasi perangkat daerah dan institusi lainnya yang melakukan pelayanan publik. Tim saber pungli ini memilki empat fungsi yakni intelijen, pencegahan, sosialisasi, penindakan serta yustisi.

Salah satu anggota Polres Madiun yang ikut dalam tim saber pungli ini yaitu Iptu Alfin Coirudin mengatakan, praktik Pungli di sejumlah instansi atau lembaga pemerintahan patut mendapatkan perhatian khusus karena selama ini dianggap memperburuk indeks persepsi korupsi Indonesia.

“Agar praktik pungli tidak terus berulang perlu ditindaklanjuti dengan program reformasi birokrasi melalui pembinaan pegawai serta pendampingan dari instansi terkait dalam pengelolaan anggaran,” katanya.(hp madiun/ziz)

FOTO: Tim Saber Pungli Polres Madiun saat memasang stiker.(hp madiun/ziz)