Propam Polres Trenggalek Tes Urine Anggota Polsek Dongko

TRENGGALEK (halopolisi.com) – Ibarat membersihkan lantai kotor harus dengan sapu yang bersih. Ungkapan inilah mungkin yang tepat menggambarkan tugas dan fungsi Sipropam Polres Trenggalek. Selain bertugas menegakkan disiplin, Sipropam Polres Trenggalek juga melaksanakan upaya pencegahan dan meminimalisir pelanggaran oleh anggota. Salah satunya adalah dengan melaksanakan sidak pada satuan-satuan dan subsatker.

Sidak Sipropam di Polsek Dongko Polres Trenggalek kali ini sedikit berbeda. Seperti biasanya, satu per satu anggota diminta mengeluarkan kelengkapan perorangan seperti KTA, SIM, STNK dan lain-lain. Demikian pula sikap tampang. Dari sepatu hingga rambut semua diperiksa satu persatu tanpa kecuali.

“Ada 3 orang yang melakukan pelanggaran ringan. Dua orang terkait KTA dan 1 orang menggunakan rompi tanpa papan nama. Ketiganya diberikan sanksi teguran dan wajib memperbaiki. Nanti akan dicek kembali,” ujar Kasipropam Polres Trenggalek, Iptu Kasmari.

Usai pengecekan kelengkapan dan sikap tampang, seluruh anggota Polsek dilarang keras meninggalkan ruangan. Di hadapan mereka telah siap personel Urkes Polres Trenggalek lengkap dengan peralatan tes urine. Dengan bergantian, satu per satu anggota masuk kamar mandi dan mengambil sampel urine. Itupun dilakukan dengan pengawasan ketat dari anggota Sipropam.

Iptu Kasmari menuturkan, tes urine dilaksanakan untuk memeriksa apakah ada anggota yang memakai Narkoba atau tidak.

“Sebenarnya ini rutin dilaksanakan. Biasanya anggota Polsek yang ke Polres. Nah sekarang kami balik. Kami yang mendatangi Polsek dan waktunya juga mendadak,” ujar Iptu Kasmari.

Saat dikonfirmasi tentang hasil tes urine, Iptu Kasmari menambahkan, dari keseluruhan anggota yang diperiksa tadi semuanya negatif. Artinya tidak ditemukan anggota yang terindikasi menggunakan Narkoba.(hp trenggalek/ziz)

FOTO: Propam Polres Trenggalek saat melakukan tes urine anggota Polsek Dongko.(hp trenggalek/ziz)