www.halopolisi.com menyajikan berita dan informasi seputar dunia kriminal dan kegiatan kepolisian, kegiatan TNI, serta peristiwa umum. || Dapatkan info jadwal SIM dan Samsat Keliling Jatim setiap hari di halopolisi.com. || Jika Anda menemui penyimpangan tindakan anggota Polri atau PNS Polri, catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut. Laporkan ke Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) atau pengaduan di Website Div Propam Polri (www.propam.polri.go.id) atau twitter Div Propam Polri (@propampolri) atau Facebook Div Propam Polri(propam.polri).

Balai Bahasa Jatim Dorong Minat Baca Tulis Lewat Sayembara Penulisan Cerita Anak

SIDOARJO (halopolisi.com) – Buku cerita anak bermutu terbilang langka. Karena itulah diadakan sayembara penulisan buku cerita anak oleh Balai Bahasa Jawa Timur. Setelah rapat Dewan Juri pada 3–4 Mei 2017 diperoleh dua pemenang, yaitu Heri Kustomo dari Tuban  dengan karya “Dikepung Jubung” dan Barbara Eni Priyanti dari Sidoarjo dengan karya “Pak Direktur Kupang”.

Sayembara kali ini memang mengambil dua juara dengan hadiah yang lumayan, yaitu masing-masing Rp 20 juta potong pajak. Hal itu karena persyaratan sayembara dalam bentuk dummy buku siap cetak. Dalam prosesnya melibatkan ilustrator dan desain grafis.

“Diberi hadiah yang layak agar para penulis buku cerita anak bersemangat dan serius dalam penggarapannya. Untuk hadiah disediakan total Rp 40 juta potong pajak untuk dua pemenang serta piagam penghargaan,” kata Drs. Amir Mahmud M.Pd., kepala Balai Bahasa Jawa Timur dalam rilisnya pada halopolisi.com, Jumat (5/5/2017).

Yang menggembirakan, sayembara ini diikuti 53 penulis dari seluruh Jawa Timur, meskipun tenggatnya sangat terbatas. Peserta terdiri atas guru, dosen, mahasiswa, siswa, wartawan, juga penulis profesional.

Karya-karya yang diikutkan sayembara rata-rata memiliki kualitas yang bagus. Terkait dengan kualitas peserta, ketua Dewan Juri, Prof Dr.I.B. Putera Manuaba, M.Hum. menjelaskan, dari para peserta dapat diambil lebih dari 10 karya yang layak untuk diterbitkan sebagai buku bacaan anak-anak. Namun, karena harus diambil dua pemenang, ia menyarankan ada lembaga yang bersedia menerbitkannya.

“Kualitasnya bagus-bagus. Sayang kalau tidak diterbitkan. Selisih nilai dalam penjuriannya juga sangat ketat,” tutur guru besar sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga tersebut.

Terpilihnya “Dikepung Jubung” dan “Pak Direktur Kupang” karena unggul dari sisi materi cerita, penyajian, bahasa, dan format buku. Apalagi keduanya menampilkan cerita dengan karakter lokal yang kuat. “Terkepung Jubung” menampilkan pergulatan dan inovasi dalam menyelamatkan lingkungan yang terjangkiti polusi udara karena pembakaran batu kapur. Adapun “Pak Direktur Kupang” menyuguhkan optimisme anak penjual makanan khas Sidoarjo yaitu kupang dalam menatap masa depan.

“Yang diangkat persoalan anak-anak dan bahasanya juga mudah dicerna anak-anak SD. Cukup banya karya yang materinya bagus, tetapi penyajian dan bahasanya terlalu dewasa,” tambah prosais M. Shoim Anwar, salah satu anggota juri.

Sementara itu, komposisi juri dalam perhelatan penulisan kali ini diambil dari akademisi, praktisi, dan peneliti. Selain Prof. Dr. I.B. Putera Manuaba dan Dr. M. Shoim Anwar, juri lainnya adalah Prof. Dr. Suyatno guru besar dari Universitas Negeri Surabaya, Mashuri, M.A. dan Dian Roesmiati, M.Hum. dari Balai Bahasa Jawa Timur.

“Diharapkan pada tahun-tahun mendatang, sayembara penulisan buku cerita anak ini dapat semakin ditingkatkan untuk menyukseskan program nasional berupa Gerakan Literasi Nasional,” tutur Anang Santosa, M. Hum., panitia sayembara.(rls/ziz)

FOTO: Buku pemenang sayembara penulisan cerita anak yang digelar Balai Bahasa Jawa Timur.(rls)


Baca juga:

  • Muswil VIII DPW LDII Jatim Pilih Amien Adhy Ketua Periode 2015-2020
  • Gus Ipul Lantik Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara Jatim
  • HKTDC Pamerkan Produk Hong Kong Berbasis Gaya Hidup di Indonesia
  • Nette Boy Buka Liga Futsal Wartawan
Tentang Kami || Redaksi|| Kontak || Disclaimer||
Copyright © 2014 HALOPOLISI.