Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Penyuluhan Safety Riding

SURABAYA (halopolisi.com) – Penyebab kematian masih didominasi kecelakaan lalu lintas. Setiap hari ada saja kecelakaan di jalan raya yang menyebabkan luka bahkan berujung kematian. Salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan terjadi disebabkan rendahnya kesadaran akan keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Dikyasa Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Ipda Supriyono, saat menggelar bimbingan dan penyuluhan Safety Riding di Gedung Gapura Surya Nusantara, kemarin.

Ipda Supriyono mengungkapkan, pengendara harus lebih mengutamakan keselamatan saat berkendara dengan cara melakukan pengecekan kendaraan sebelum bepergian.

Menurutnya, pengecekan tersebut penting karena bisa saja terjadinya kecelakan disebabkan kondisi kendaraan kurang normal.

“Sebaiknya kendaraan dicek dulu kelayakannya, lantaran banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh rem blong atau matinya lampu sein. Untuk itu, masyarakat jangan hanya berpikiran asal sampai ke tujuan, akan tetapi pikirkan juga keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata Ipda Supriyono.

Selain pengecekan kendaraan, pengendara juga harus melengkapi diri dengan surat-surat yang sah semisal Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK.

Dirinya juga mengimbau pengemudi agar mematuhi aturan aturan lalu lintas. Karena, setiap kecelakaan pasti berawal dari pelanggaran yang dilakukan  para pengendara.

“Saya mengimbau agar masyarakat menyadari betapa pentingnya tertib berlalu lintas, lantaran terjadinya kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan pengendara. Intinya sayangi jiwa anda dan orang lain ketika membawa kendaraan,” ujarnya.(hp tanjung perak/ziz)

FOTO: Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat menggelar sosialisasi safety riding.(hp tanjung perak/ziz)