Polsek Rungkut Polrestabes Surabaya Rutin Cek Tahanan

SURABAYA (halopolisi.com) – Sebagai antisipasi kerawanan timbulnya aksi tahanan selama berada di dalam Rutan, Kanit Lantas Polsek Rungkut Polrestabes Surabaya, AKP Hadi Waluyo saat sebagai Pawas didampingi Panit Reskrim Ipda Matturi, dan KSPK Aiptu Sutono melakukan pengecekan tahanan dan ruangan bersama anggota di Rutan Mapolsek Rungkut.

Hal tersebut dilakukan karena aksi terjadinya kerawanan dari tindakan tahanan bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu, sebagai antisipasi, pengecekan tahanan secara fisik dan ruangan rutin dilakukan, baik saat serah terima tugas dan tanggung jawab penjagaan maupun pengecekan tahanan secara bertahap setiap jam ataupun setiap saat wajib dilakukan agar aktivitas tahanan selama berada di Rutan selalu terpantau dan termonitor.

Walaupun sudah ada CCTV namun pengecekan secara langsung juga selalu dilakukan, baik kondisi fisik tahanan maupun ruangan di dalam rutan karena sudah merupakan Protap yang wajib dan harus selalu dilakukan.

Selain melakukan pengecekan kondisi tahanan, Kanit Lantas bersama anggota juga melakukan pemeriksaan ruang tahanan, beberapa tempat di ruang tahanan yang dimungkinkan sebagai celah tempat persembunyian penyimpanan barang milik tahanan dan berada di dalam rutan semua diperiksa satu per satu dan hasilnya nihil tidak ditemukan barang milik tahanan seperti korek, rokok, HP maupun berbagai obat-obatan berbahaya.

Selain melakukan pemeriksaan, Kanit Lantas juga melakukan komunikasi dengan memberikan arahan dan bimbingan kepada tahanan agar tahanan tidak berulah, baik berkelahi antar sesama tahanan atau mencoba bunuh diri ataupun hingga melarikan diri.

Tahanan juga diimbau agar selama berada di dalam rutan Mapolsek Rungkut rajin beribadah memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa, saling tolong menolong, saling mengawasi dan saling mengingatkan dengan menghibur jika mengetahui ada teman sesama tahanan yang sedang mengalami sakit ataupun dalam keadaan sedang sedih agar dihibur sehingga tidak bertindak nekat hingga melakukan tindakan bunuh diri.

Melalui pembinaan dan bimbingan yang dilakukan diharapkan selama tahanan berada di Rutan Mapolsek Rungkut dapat insaf, menyadari kesalahan dari perbuatan yang telah dilakukannya, dan setelah menjalani hukuman atas putusan dari perbuatan yang dilakukan sehingga bebas nantinya dapat kembali kepada keluarga dan yang terpenting tidak akan mengulangi kembali perbuatannya.(eko/ziz)

FOTO: Kanit Lantas Polsek Rungkut Polrestabes Surabaya saat mengecek tahanan.(hp rungkut/ziz)