Patroli Berkah, Satpolairud Polres Banyuwangi Bagikan 100 Nasi Bungkus

BANYUWANGI (halopolisi.com) – Anak Buah Kapal (ABK) Berkah 1-2 ketiban berkah. Dua kapal yang sedang lego jangkar di Pelabuhan Tanjungwangi, Ketapang ini mendapat jatah makan siang gratis dari Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Banyuwangi.

Lewat Patroli Berkah, Polisi Perairan yang sedang menyisir Selat Bali membagikan 100 bungkus nasi. Nasib baik itu juga menyasar ABK Kapal Anugerah dan Kasih Setia. Empat kapal kayu yang biasa mengangkut logistik itu makan bersama Polairud di tengah perairan.

Lima belas personil Polisi Perairan terlibat dalam kegiatan Kamis (7/9/2017) siang itu. Kasat Polairud Polres Banyuwangi, AKP Subandi menjelaskan, Patroli Berkah memiliki misi menangkal paham radikal serta mencegah munculnya kejahatan di tengah perairan. Kejahatan di laut itu bisa berupa ilegal fishing, perompakkan serta imigran gelap.

“Nelayan dan ABK sering melintas di perairan. Kita butuh informasi dan kerjasama dari mereka dalam menjaga keamanan laut. Apalagi wilayah selatan Banyuwangi dapat dijadikan akses menuju Australia sehingga rentan dimanfaatkan oleh pencari suaka,” ujarnya usai memimpin Patroli Berkah.

Berlayar, lalu menghampiri dan memberi arahan kepada ABK saja kurang lengkap. Makanan merupakan sesuatu yang paling berharga bagi pelaut. Itu sebabnya Polairud membagikan 100 bungkus nasi kepada para ABK untuk memudahkan komunikasi.

Mengapa Pelabuhan Tanjungwangi yang dipilih? Kata AKP Subandi, di samping letaknya dekat dengan Markas Polairud, Pelabuhan Tanjungwangi banyak disandari kapal dari Lamongan dan Tuban yang alur pelayarannya cukup luas. Kehadiran para ABK ini sangat membantu kerja aparat Polairud sebagai sumber informasi.

“Semakin luas laut yang dikitari berarti kian banyak ragam kejadian pula yang bakal diketahui. Khusus di wilayah Banyuwangi kita butuh informasi dari mereka andai menemukan peristiwa kejahatan di perairan,” tambahnya.

Patroli seperti ini bukan yang pertama. Membagikan nasi bungkus sudah dilakukan aparat Polisi Perairan sejak lama. Biasanya, selain nasi bungkus juga membagikan bendera merah putih dan  gambar lambang negara.(hp banyuwangi/ziz)

FOTO: Satpolair Polres Banyuwangi saat berbagi nasi bungkus ke ABK.(hp banyuwangi/ziz)