Warga Kampung Wonorejo Antusias Nobar Film G30S/PKI

70 views

Surabaya  – Acara nonton bareng (nobar) film G30S PKI di kampung Wonorejo III Kelurahan Wonorejo Kecamatan Tegalsari Surabaya Rabu, (27/9/2017) malam mendapat sambutan positif dari warganya.

Di lokasi pemutaran tampak semangatnya masyarakat Kampungnya Cak Narto ini menyaksikan pemutaran film G30S PKI ini. Dari mulai anak – anak sampai orang dewasa berbaur menjadi satu .

Dengan pemasang layar lebar, ratusan warga sangat antusias nobar yang dipusatkan di sepanjang jalan RT 5 dan 6, mulai pukul 19.00 hingga film selesai.

“Pemutaran Film G30S/PKI tersebut untuk mengingatkan dan mengetahui sejarah yang terjadi di tahun 1965,” kata Danramil Tegalsari Mayor Inf Mahfud Ropi,i SPd dalam sambutannya.

Ia menambahkan diputarnya film ini, tak ubahnya seperti melihat film sejarah yang lain. Artinya , untukmengingatkan akan bahaya laten komunis.

Di tempat yang sama Ketua RW 5 Wonorejo III Edi Winarno mengaku pemutaran kembali film G30S/PKI yang mengisahkan tentang sejarah kelam bangsa Indonesia ini agar generasi muda mengetahui sejarah peristiwa kelam itu jangan sampai terjadi lagi.

Ditambahkan ketua RT 07 Sarman mengaku sangat senang dengan adanya nonton bareng ini. Karena menurutnya, selain bisa mengenang sejarah juga dapat merasakan persatuan dengan seluruh warga kampung

Sementara salah satu pengunjung yang turut nonton bareng memberi tanggapan bahwa pemutaran film penghianatan G30S/PKI, selain mengingat sejarah, film tersebut juga bisa memupuk rasa nasionalisme.”Kalai dulu selalu diputar, sehingga rasa nasionlisme terus tumbuh. Sekarang sudah mulai pudar, makanya bagus kalau diputar lagi,” ucap Yuli.

Dalam nobar film G30S PKI ini selain dihadiri jajaran Koramil Tegalsari Surabaya juga dihadiri jajaran Polsek dan Kecamatan Tegalsari, Kelurahan Wonorejo, tokoh agama, tokoh kampung, serta seluruh perangkat RW dan RT, LKMK, Karangtaruna dan