Ratusan Guru Pondok LDII Jatim Dibekali Wawasan Kepramukaan

SURABAYA (halopolisi.com) – Ratusan guru pondok maupun guru sekolah yang berada di dalam naungan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jatim diberi pembekalan wawasan kepramukaan. Pembekalan ditujukan kepada peserta yang akan dijadikan pembina Pramuka yang kompeten dan profesional.

Ketua Biro Pendidikan Umum dan Pelatihan (PUP) LDII Jatim, HM Fauzan dalam acara Sinergi Satuan Komunitas (Sako) dan Penggerak Pembina Generus (PPG) yang berada di bawah binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur di Aula Pondok Sabilurrosyidin Jl Gayungan VII/11 Surabaya, Minggu (1/10/2017) mengatakan, secara teori peserta pembina ini sangat menguasai atau mumpuni dalam ilmu keagamaan namun dalam penerapan di lapangan belum sepenuhnya maksimal.

“Untuk secara teori keagamaan sudah mumpuni namun sangatlah tepat jika mengaplikasi di lapangan dengan menggunakan wawasan kepramukaan,” ujarnya.

Dia mencontohkan ketika mengaplikasikan kebesaran Allah SWT, maka sangat cocok dengan menggunakan kegiatan perkemahan.

“Perkemahan merupakan salah satunya yang bisa diwujudkan di alam bebas sehingga bisa mengetahui betapa kecilnya kita dan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT,” terang Fauzan yang juga menjadi Ketua PIN SAKODA SPN Jatim.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda Jatim, Bambang SW mengatakan, kegiatan ini merupakan orientasi bagi para
pembina dari satuan komunitas SPN agar bisa melaksanakan tugas dari kesatuan dengan sebaiknya. Dengan dibekali pengetahuan cara membina, cara menyusun program hingga melaksanakan program maka pembina ini bisa menjadi handal.

“Saya kira kegiatan semacam ini diperlukan kalau kita menginginkan kegiatan kepramukaan. Nantinya para pembina yang menjadi peserta ini tahun depan akan dikursuskan untuk menjadi pembina yang kompeten dan profesional,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mencetak pembina makin profesional, Kwarda Jatim akan mengirimkan ke Pusdiklatda Jatim. Di tempat ini akan diselenggarakan kursus bagi orang dewasa termasuk pembina ini.

Langkah itu dilakukan, menurutnya, saat ini Jaman terus berkembang, maka dari itu para pembina juga diminta untuk terus SDM nya berkembang pula.

Berdasarkan data yang dihimpun Kwarda Jatim, jumlah pembina di Jatim mencapai 4 juta orang. Jumlah ini dinilai masih belum ideal mengingat standartmya setiap pembina hanya memiliki anak didik berjumlah delapan orang.

Sementara itu, menurut Humas LDII Jatim, kegiatan ini akan dilaksanaan secara istiqamah sebagai bekal para generasi muda.(humas ldii/ziz)

FOTO: Acara Sinergi Satuan Komunitas (Sako) dan Penggerak Pembina Generus (PPG) yang berada di bawah binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur yang digelar di Aula Pondok Sabilurrosyidin Jl Gayungan VII/11 Surabaya.(humas ldii)

Tag: