Polri Gelar Operasi Aman Nusa II Tanggulangi Bencana

JAKARTA (halopolisi.com) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Aman Nusa II dalam rangka menghadapi kontijensi bencana di penghujung 2017. Operasi Aman Nusa II ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Kakor Sabhara Baharkam Polri, Irjen Pol Sudjarno selaku Wakasatgas. Apel diikuti 4.007 personel yang terdiri dari prajurit Brimob, polisi satwa dan polisi air-udara, tim DVI dan dokter polisi.

“Seperti kita ketahui bahwa gangguan yang nyata saat ini terjadi adalah erupsi Gunung Agung di Bali dan fenomena badai di Samudra bagian selatan Indonesia,” kata Irjen Pol Sudjarno mewakili Kakor Brimob sekaligus Kasatgas Ops Aman Nusa II, Irjen Murad Ismail, dalam sambutannya, di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/11/2017).

Irjen Pol Sudjarno menjelaskan, fungsi Satgas Operasi Pusat Aman Nusa II adalah membackup kekuatan tiap-tiap satgas yang sudah ada di tingkat Polda. Pasukan ini dibagi menjadi 5 Satgas SAR, Satgas Lidik Sidik, Satgas Pengungsian dan Perlindungan, Satgas DVI dan Medis, Satgas Banops.

“Apel gelar pasukan hari ini adalah untuk mengecek kesiapan Satgas Operasi Aman Nusa II di tingkat pusat dalam menghadapi situasi dinamika alam akhir-akhir ini,” ujar Irjen Pol Sudjarno.

Pasukan ini akan dikerahkan sesuai dengan permintaan Polda-Polda yang wilayahnya mengalami bencana alam.(dtc/ziz)

FOTO: Apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II.(dtc)