Kapolri Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana TNI AL

BALI (halopolisi.com) – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menerima brevet kehormatan Hiu Kencana dari TNI AL. Penyematan brevet kehormatan ini dilakukan di dalam kapal selam Nagapasa 403 saat berlayar di lautan Selat Lombok atau 2 nautical mile dari pelabuhan Benoa, Bali, Rabu (10/1/2018).

Penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana di dada sebelah kanan dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P dalam suatu upacara di bawah air di dalam lambung kapal selam yang berlayar di bawah permukaan laut.

“Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar TNI AL melalui penyematan brevet kehormatan ini. Semoga sinergitas ini terus terbangun dalam rangka mengamankan negara Indonesia tercinta,” kata Kapolri.

Penyematan brevet kehormatan ini merupakan rangkaian dari upacara tradisi pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang digelar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa.

Kegiatan dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.d, Laksamana TNI Ade Supandi, beserta Jenderal TNI Mulyono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, beserta tamu undangan dari instansi terkait.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan, pahlawan I Gusti Ngurah Rai sangat besar perjuangan dan jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan di pulau Bali, sehingga Bali dapat direbut kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

“Pemberian nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang tergabung dalam satuan kapal Eskorta diambil dari nama-nama pahlawan Nasional, di mana I Gusti Ngurah Rai merupakan Pahlawan Nasional dari Bali,” kata Panglima TNI.

Setelah pelaksanaan upacara Pengukuhan Nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ramah tamah di dermaga terminal internasional Benoa, Denpasar.

Selanjutnya kegiatan peninjauan Kapal I Gusti Ngurah Rai-332, para pejabat tinggi mendapatkan kesempatan berlayar dengan kapal selam KRI Nagapasa-403 yang melaksanakan penyelaman di kedalaman 30M di bawah permukaan laut perairan Benoa.

Setelah kegiatan upacara berakhir rombongan kembali dermaga, serangkaian kegiatan upacara Tradisi Pengukuhan Nama KRI I Gusti Ngurah Rai – 332 dan Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana, berakhir pada pukul 14.30 Wita.

Kapolri Jenderal Pol. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.d, Irwasum Polri Komjen Pol. Putut Bayu Seno, Karo Penmas Div Humas Mabes Polri Brigjen Pol. M. Iqbal didampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose meninggalkan Dermaga Timur Pelabuhan Benoa menuju ke Base Operation Pangkalan TNI AU Ngurah Rai untuk berangkat menuju Jakarta.

Sementara rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Laksamana TNI Ade Supandi, beserta Jenderal TNI Mulyono dengan menggunakan pesawat CN A-7305 milik TNI AU meninggalkan Bandara Ngurah Rai.(divhumas/ziz)

FOTO: Kapolri saat menerima brevet kehormatan dari TNI AL.(divhumas)