Rumah Sakit Brawijaya Surabaya Sosialisasi Obat-obatan

SURABAYA (halopolisi.com) – Suasana di RS TK. III Brawijaya Surabaya tidak seperti hari-hari biasanya. Ruang tunggu dipenuhi pasien yang antusias menyimak penyuluhan tentang “Cara Cerdas Menggunakan Obat”.

Penyuluhan ini intens dilakukakan oleh Tim promosi kesehatan masyarakat rumah sakit tingkat III Brawijaya.

Penyuluhan disampaikan oleh Apoteker Instalasi Farmasi Rumkit TK. III Brawijaya Surabaya sebagai bentuk pelayanan Rumkit terhadap pasien.

Dalam penyuluhan ini setiap pasien diminta lebih cerdas dalam menggunakan obat. Pasien diharapkan paham 5 O yaitu obat ini apa nama dan kandungannya, obat ini apa khasiatnya, obat ini berapa dosisnya, obat ini bagaimana cara menggunakannya dan obat ini apa efek sampingnya.

Mayor Ckm (K) Tutik Sulastin, S.Si., Apt., Sp. FRS dari Instalasi Farmasi Rumkit TK. III Brawijaya mengungkapkan, edukasi seperti ini lebih efektif dilakukan selain sebagai bentuk layanan kepada pasien juga sebagai bentuk interaksi langsung antara Apoteker Rumah Sakit (sebagai tenaga kesehatan dalam pelayanan obat) dengan pasien.

Pada kesempatan seperti ini juga digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi penting tentang pelayanan obat instalasi farmasi.

Penyuluhan ini diakhiri dengan tanya jawab bersama pasien.

“Semoga penyuluhan tersebut dapat lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat,” kata Tutik.(pendam5/ziz)

FOTO: Petugas Rumah Sakit Brawijaya saat memberikan sosialisasi.(pendam5)