Lomba Mancing Pilkada Damai Ala Polres Pasuruan

Tidak ada komentar 690 views

PASURUAN (halopolisi.com) – Berbagai cara ditempuh jajaran kepolisian untuk membina situasi Kamtibmas agar tetap aman di tengah pesta demokrasi yang sedang berlangsung. Salah satu cara unik dilakukan oleh Polres Pasuruan dengan menggelar lomba mancing masalah yang dihelat Kolam Pancing Kedungboto Beji, Senin (2/4/2018).

Kapolres Pasuruan, AKBP Raydian Kokrosono menyampaikan, lomba mancing masalah ini digelar dalam rangka mewujudkan Pilkada Pasuruan yang damai, aman, dan kondusif.

“Mancing masalah artinya mencari dan menangkap permasalahan yang biasa terjadi dalam pesta demokrasi seperti hoax, hate speech, isu Sara dan sebagainya,” kata Kapolres Pasuruan.

Sedangkan kolam yang ada diibaratkan dunia maya dan ikan diibaratkan masalah yang ada di dunia maya seperti hoax (ikan lele), hate speech (ikan mujair) dan isu sara (ikan patin) yang harus dcari, ditangkap dan adili (proses dimasak).

“Seperti diketahui bersama bahwa hoax, hate speech dan isu Sara apabila dibiarkan akan dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI,” imbuh mantan Kasatlantas Polrestabes Surabaya ini.

Kapolres Pasuruan menambahkan, lomba yang diikuti jajaran Muspida Pasuruaan, KPU, Bawaslu, dan netizen ini diarahkan sebagai ajang refreshing untuk melupakan sejenak hiruk-pikuk dinamika Pilkada Serentak.

“Kegiatan mancing ini sebagai kegiatan hiburan namun memiliki filosofi yang tinggi apabila dikaitkan dengan pesta demokrasi 2018,” sambungnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan deklarasi dan penandatanganan anti-hoax, anti Sara, serta Pasuruan aman Indonesia Damai. Juga disertai penyerahan bantuan kepada anak yatim piatu.(hp pasuruan/ziz)

FOTO: Ajang lomba mancing masalah yang digelar Polres Pasuruan.(hp pasuruan)