Kapolres Situbondo Gandeng Pondok Pesantren Kembangkan Budidaya Udang Vaname

SITUBONDO (halopolisi.com) – Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono SH, SIK, MSc, (Eng) meninjau budidaya udang vaname skala rumah tangga di Dusun Karanganyar, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran.

Saat meninjau budidaya udang vaname di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Dusun Karanganyar, Desa Tanjung Kamal, Kapolres Situbondo didampingi Ustad Badri Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Hidayah dan Kapolsek Mangaran setelah mendengar informasi dari Kepala Dinas Perikanan Situbondo tentang inovasi teknologi terbaru yang sangat ramah dan mudah untuk dilakukan oleh masyarakat tentang budidaya udang vaname skala rumah tangga.

Kapolres Situbondo mengatakan, dengan kunjungannya tersebut diharapkan budidaya udang vaname yang dibudidayakan di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah dapat ditularkan pengetahuannya kepada anggota Polri khususnya yang purna tugas agar mempunyai kemampuan atau kemandirian untuk meningkatkan ekonomi.

Tidak hanya itu, Kapolres Situbondo juga menjelaskan, kebetulan Kepolisian memiliki pendekatan kemasyarakatan di bidang Polmas berbasis ekonomi yang bernama Bimas Pionir, yaitu bidang Peternakan, Perikanan dan Pertanian yang saat ini dikembangkan, namun dengan adanya ide ini maka pihak kepolisian akan bekerjasama dengan Dinas Perikanan.

“Ini terobosan pertama Bimas Pioner yang bergerak dibidang perikanan budidaya udang vaname skala rumah tangga. Alhamdulillah, berkat kerjasama dengan Dinas Perikanan yang secara inten melakukan pendampingan serta pembinaan kepada anggota Polri dan masyarakat serta Pengasuh Pondok pesantren Miftahul Hidayah, sudah berhasil mengembangkan beberapa titik membudidayaan udang vaname”, kata AKBP Sigit.

“Untuk infestasinya sangat mudah dan bisa dilakukan siapapun karena tehnologi keterampilan yang dibutuhkan dengan pendampingan dari Dinas Perikanan sangat mudah dan sangat membantu terutama bagi para Hafidz Al Quran yang sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren,” ujarnya.

Dengan kolaborasi dari pihak Kepolisian, Dinas Perikanan dan masyarakat sebagai pemilik lahan sekaligus pelaksana akan sangat terasa sekali manfaatnya trutama dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

Saat bertatap berbincang dengan Ustad Badri, Kapolres berharap kedepan kegiatan ini bisa menjadi media edukasi untuk bersinergi dalam meningkatkan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat sekitar dan Pondok Pesantren.

“Alhamdulillah, saudara-saudara di Ponpes dan masyarakat mau menularkan pengetahuan dan keterampilan untuk budidaya udang vaname,” pungkasnya.(hp situbondo/ziz)

FOTO: Kapolres Situbondo saat meninjau budidaya udang.(hp situbondo)