Polres Pasuruan Tingkatkan Patroli 3 Pilar Ciptakan Pilkada Damai

 

PASURUAN (halopolisi.com) – Jajaran Polres Pasuruan mengintensifkan Safari 3 Pilar Plus dalam rangka pengecekan dan asistensi kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2018. Safari 3 Pilar Plus ini tampak digelar di wilayah hukum Polsek Wonorejo Polres Pasuruan, Jumat (13/4/2018)

Kegiatan ini dihadiri langsung Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono SIK bersama Dandim Pasuruan Letkol Inf Mulliadi. Tampak hadir juga Sekretaris Daerah Kab. Pasuruan H. Agus Setiadji, unsur KPU dan Panwaslu.

Kegiatan diawali dengan apel gelar kesiapan personil dan arahan Kapolres Pasuruan kepada peserta apel.

“Safari tiga pilar Plus ini dilakukan secara simultan di kecamatan-kecamatan. Program ini bertujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan dan asistensi pengamanan Pilkada Serentak di Kab. Pasuruan, kebetulan diawali di Kecamatan Wonorejo,” kata AKBP Raydian Kokrosono.

“Setelah ini, mulai minggu ke depan akan dilakukan Safari 3 Pilar Plus seminggu dua kali setiap hari Selasa dan Jumat untuk mengecek kesiapan Pam Pilkada di Kecamatan yang ada di Wilkum Polres Pasuruan. Ada 17 kecamatan. Kegiatan ini terus dilakukan sampai mendekati hari H,” bebernya.

Dalam kegiatan ini, masing-masing stakeholder akan mengasistensi kesiapan personilnya. Misalnya, Kapolres mengecek kesiapan anggota Polsek Wonorejo, Dandim mengecek kesiapan anggota Koramil Wonorejo, Sekda mengecek kesiapan anggota Kecamatan Wonorejo, Ketua KPU mengecek kesiapan anggota PPK, Panwaslu mengecek kesiapan anggota Panwascam, dan seterunya.

Adapun asistensi ini meliputi kesiapan personil dalam pengamanan Pilkada, kesiapan anggaran yang sudah dianggarkan oleh Pemda, mengasistensi metode yang akan digunakan dalam pengamanan Pilkada.

“Apabila ada kekurangan akan diperbaiki,” tegas AKBP Raydian.

Selain itu juga mengecek kesiapan sarana prasarana yang digunakan pada hari H Pilkada.

Dengan adanya safari dan apel 3 Pilar ini diharapkan dapat memperkuat 3 pilar kecamatan, sehingga dapat memahami tugas masing-masing terkait pengamanan Pilkada.

“Kita mengharap kepada toga, tomas dan toda untuk bersama-sama saling menjaga kondusifitas wilayah, bersama-sama untuk mengantisipasi potensi kerawanan dalam Pilkada,” pungkasnya.(hp pasuruan/ziz)

FOTO: patroli tiga pilar plus di Polres Pasuruan.(hp pasuruan)