Satlantas Polres Gresik Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib Berlalulintas

SURABAYA (halopolisi.com) – Polres Gresik menggelar ajang pemilihan pelajar pelopor tertib berlalulintas. Ajang ini dibentuk untuk melahirkan kandidat-kandidat baru yang akan menjadi agen pelopor di sekolah masing-masing untuk memulai tertib peraturan berlalulintas mulai dari dirinya sendiri kemudian menyalurkan kepada lingkungan sekolah.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto, SH, SIK menuturkan, peserta ajang pemilihan pelajar pelopor tertib berlalulintas ini berasal dari SMA, SMK, MA sederajat di seluruh wilayah Kabupaten Gresik.

“Masing-masing sekolah telah mendelegasikan kandidat terbaiknya untuk diadu dalam ajang pemilihan pelajar pelopor tertib berlalulintas ini. Ketika pendaftaran telah tercantum 25 kandidat siswa dan 25 kandidat siswi,” kata AKP Wikha, Kamis (26/4/2018).

Penentuan pelajar pelopor tertib berlalulintas ini melibatkan berbagai pihak sebagai tim juri sehingga penilaian tidak monoton hanya kepada satu sisi tentu saja. Tim juri antara lain Kepala Bidang Angkutan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo SH, perwakilan IMI dan psikolog.

“Untuk mendapatkan kandidat yang terpilih maka dewan juri memberikan ujian berupa teori dan wawancara. Hal ini akan membuktikan tingkat kecerdasan dan mentalitas terbaik dari masing-masing kandidat,” tambahnya.

Pada penentuan akhir telah didapatkan 5 kandidat terbaik. Juara 1 diraih oleh Indah Dwi siswi SMA Negeri 1 Menganti, juara 2 diraih oleh Azarine Ines Elvia dari SMA Negeri 1 Gresik, juara 3 diraih oleh Putri Balqis Saifudin dari SMA NU 1 Gresik, juara keempat diraih oleh Muhammad Rounagul dari SMA Negeri 1 Gresik, juara kelima diraih oleh Niko Budi Anto dari SMA Negeri 1 Wringinanom.

“Seleksi yang ketat ini diharapkan mampu benar-benar melahirkan pelajar pelopor lalu lintas yang sesuai dengan harapan yang mampu menggerakkan dan mengubah paradigma teman-teman di sekolahnya untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas,” pungkasnya.(hp gresik/ziz)

FOTO: Polres Gresik saat menggelar pemilihan pelajar pelopor tertib berlalulintas.(hp gresik)