Kisah Anggota Polres Situbondo Berhasil Kembangkan Binmas Pioner Madu

SITUBDONDO (halopolisi.com) – Anggota Bhabinkamtibmas Polres Situbondo, Brigadir Nikmatul Khair menyita perhatian netizen karena usahanya menjual madu murni secara online yang pemasarannya hingga keluar pulau Jawa.

Brigadir Nikmatul Khair pun menceritakan awal mula merintis usaha menjual madu murni ini lantaran kekecewaannya saat membeli madu yang menurutnya masih diragukan keasliannya. Selain bertujuan menambah penghasilan, dirinya juga ingin menjalankan tugas sebagai ujung tombak Kepolisian di desa yaitu Bhabinkamtibmas dengan program Binmas Pionernya.

Sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Demung, Kecamatan Besuki, Brigadir Nikmatul Khair tidak semata-mata menjual madu untuk mencari keuntungan namun usaha yang digelutinya ini juga sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kepada pencari lebah madu dihutan agar menjaga hutan, tidak membakar atau merusak lingkungan hutan.

“Jika kita mencintai alam atau lingkungan maka lingkungan akan mencintai Kita bahkan memberikan rejeki,“ kata Brigadir Nikmatul Khair.

Dengan alat seadanya dengan cekatan Brigadir Nikmatul Khoir memeras Madu hingga kemudian proses packing ke dalam botol, kemudian dengan dibantu istrinya dipasarkan melalui online yang juga di bantu istrinya Iis Sugiarti Ningsih memasarkan melalui media sosial hingga banyak pelanggan dari Provinsi Jateng, Jabar, Jatim, kalimantan hingga Papua.

Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, SH, SIK, MH., mengaku bangga dengan kesederhanaan dan keteladanan Brigadir Nikmatul Khoir, yang sudah mampu mengembangkan Program Binmas Pioner dengan mengajak masyarakat mencintai hutan dan memanfaatkan hasil hutan tanpa merusak itu sendiri.

“Sebagai pimpinan Saya berharap semua Bhabinkamtibmas menerapkan Program binmas pioner, mendidik masyarakat memanfaatkan alam tanpa merusak, semoga apa yang dilakukan Brigadir Nikmatul Khoir juga dikembangkan oleh semua Babhinkamtibmas lain serta bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi, sehingga polisi dicintai oleh masyarakat,“ ungkap AKBP Awan Hariono.

Program Binmas Pioner merupakan progam unggulan inovasi Polres Situbondo dengan mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan positif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.(hp situbondo/ziz)

FOTO: Kapolres Situbondo saat menunjukkan madu hasil usaha Binmas Pioner yang dikembangkan anggotanya bersama warga.(hp situbondo)