FPTI Jatim Gelar Kursus Juri dan Route Setter

Tidak ada komentar 67 views

SURABAYA (halopolisi.com) – Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia Jawa Timur (FPTI Jatim) menggelar kursus pelatihan juri dan route setter (pembuat jalur) bagi kalangan muda.

Pelatihan digelar 8-11 Juli 2018 di Gedung Pramuka dalam satu rangkaian dengan kejuaraan provinsi (Kejurprov) panjat tebing kelompok umur (KU) 11-15 Juli.

Wakil Ketua Pengprov FPTI Jatim, Larasanto menyebutkan, pelatihan ini sekaligus menggali potensi juri dan route setter dari masing-masing daerah.

“Hasil dari kursus ini nantinya bisa diimplementasikan untuk level provinsi, mulai dari kelompok umur hingga senior,” jelas Larasanto, di kantor Sekretariat FPTI Jatim, kemarin.

FPTI Jatim menegaskan, kursus juri dan route setter ini tidak ada batasan. Anto, sapaan Larasanto, menambahkan, seluruh anggota FPTI Jatim berhak mengikuti ajang ini senyampang mendapat rekomendasi dari masing-masing pengkot-pengkab asalnya.

Sebelumnya, seluruh peserta kursus juri dan route setter ini harus mengikuti tes awal di wall climbing FPTI Jatim Kompleks Lapangan KONI Jatim, Minggu (8/7/2018). Dari tujuh peserta kursus route setter hanya dua orang yang gugur, sedangkan lima peserta lainnya berhak melaju. Adapun 11 peserta juri yang mengikuti seleksi, seluruhnya dinyatakan lulus tes awal.

FPTI Jatim menunjuk empat instruktur nasional yang dimiliki Jatim, dalam kursus juri dan route setter ini. Galar Pandu Asmoro dan Maiwa Sainudin sebagai instruktur route setter, adapun Firman Januar Tafaib dan Andika Adi Winata selaku instruktur juri.

Galar Pandu instruktur route setter menyebutkan bahwa kursus juri dan route setter ini perlu digelar. Dia memandang banyak regulasi anyar dari PP FPTI yang mesti diikuti.

“Calon route setter tidak bisa mengandalkan daya imajinasi saat masih menjadi atlet. Mereka harus memahami, kejuaraan ini diperuntukkan untuk usia berapa, kategoi apa, dan level kejuaraannya,” terang mantan atlet nasional itu.(den/ziz)

FOTO: Pelatihan juri dan route setter yang digelar FPTI Jatim.(den)

Tag: