Hari Bhayangkara ke-72, Polres Gresik Raih Tiga Penghargaan

SURABAYA (halopolisi.com) – Peringatan Hari Bhayangkara ke-72 menjadi momentum membanggakan bagi jajaran Polres Gresik yang dinakhodai AKBP Wahyu Sri Bintoro. Bagaimana tidak, beragam penghargaan berhasil diraih.

Ada tiga penghargaan yang diraih Polres Gresik yaitu Juara 1 dalam Lomba Siskamling, Juara 1 Lomba Polisi Teladan yang diraih Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto, dan penghargaan sebagai ‘Satuan Wilayah Teraktif dalam Membangun Kemitraan bersama Masyarakat’.

Penghargaan itu diberikan langsung Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin dalam upacara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Mapolda Jatim, Rabu (11/7/2018).

“Alhamdulillah Lomba Siskamling kita juara 1, Polisi Teladan juara 1 yang diraih AKP Wikha Ardilestanto, lalu satuan wilayah itu juara 3,” ujar Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Kapolres Gresik mengungkapkan, penghargaan ini akan dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada publik.

“Kami juga akan meningkatkan kinerja di segala bidang, penghargaan ini sebagai salah satu bentuk motivasi bagi kami untuk terus berkarya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Usai menerima penghargaan tersebut, Kapolres Gresik mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kapolda Jatim dan seluruh jajarannya yang telah membimbing hingga meraih penghargaan.

Keberhasilan Polres Gresik tidak dapat dilepaskan dari perpaduan konsep Polisi Promoter dan Polisi Santri yang sesuai dengan ciri khas masyarakat Gresik sebagai Kota Santri.

“Yang pertama sebagai bentuk implementasi dari kebijakan Promoter Kapolri, Polres Gresik ini mempunyai program Polisi Santri,” ungkapnya.

Kapolres Gresik menjelaskan, Polisi Santri memiliki makna S yakni Senyum, Sapa, Salam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat; AN yaitu menjaga amanah dari Allah dengan melaksanakan tugas; T berarti Tanggap, Proaktif, Visioner dalam memecahkan masalah; dan Tangguh dalam melaksanakan tugas. Sedangkan RI memiliki arti Rajin Ibadah dan Berinfaq.

Konsep ini juga diwujudkan dalam beberapa program yang dimiliki Polres Gresik misalnya program polisi peduli di mana mereka membagikan nasi bungkus kepada kaum dhuafa hingga anak jalanan setiap hari Jumat pagi.

“Setiap bulannya kita juga santuni anak yatim, juga memberikan santunan anak yatim piatu dari buruh yang meninggal karena kecelakaan,” pungkasnya.(den/ziz)

FOTO: Kapolres Gresik saat menerima penghargaan dari Polda Jatim.(den)