Polda Jatim Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-72

SURABAYA (halopolisi.com) – Polda Jatim menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 tahun 2018 di Lapangan Mapolda Jawa Timur Jl A.Yani Wonocolo Surabaya, Rabu (11/7/2018).

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H., bertindak selaku inspektur upacara peringatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 Dan 2019”.

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya, Kolonel Marinir CTO Sinaga mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. tampak hadir.

Tampak hadir juga Gubernur Jatim beserta Istri, Kapolda Jatim beserta Istri, Pangdam V/Brawijaya beserta Istri, Dankodiklatal beserta Istri, Wakapolda beserta Istri, Wagub AAL beserta Istri, Kasgartap III / SBY beserta Istri, Kasdif 2 Kostrad, Kadispsial beserta Istri, Kas Koarmada II beserta Istri, Wadanpasmar II, Kajati Jatim, Kakanwil Jatim, Dansatbrimobda Polda Jatim, Dirpolairud Polda Jatim, Para pejabat utama Polda Jatim serta segenap tamu undangan lainnya.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu Peleton Pejabat Utama Polda Jatim, satu Peleton Korsik Polda Jatim, satu Peleton Deputasi Pamen Polda Jatim, dua Peleton Gabungan Kompol dan Pama, satu Peleton Provost Polda Jatim, dua Peleton Brimobda Polda Jatim, satu Kompi Satlantas Polda Jatim, dua Kompi Sabhara Polda Jatim, satu Peleton Polairud, dua peleton Brigadir Staf Polda, satu Peleton PNS Polda Jatim dan satu Peleton Satuan Pengamanan (Satpam).

Pada upacara tersebut diserahkan penghargaan Bintang Bhayangkara Narariya kepada tiga personil Polri mewakili penerima penghargaan lainnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Pada momen bahagia tersebut, Presiden mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Polri yang telah bertugas dimanapun berada baik di dalam dan luar Negeri serta di jalan-jalan dan telah menjaga keamanaan dalam perayaaan Idul fitri 2018 dan momen Pilkada serentak 2018 berjalan aman lancar.

“Kita mendapatkan kabar baik karena dunia Internasional menempatkan Indonesia sebagai negara 10 teraman di dunia dan ini merupakan sebuah capaian yang wajib di jaga oleh segenap elemen bangsa. Saya mengingatkan kedepan tantangan tugas Polri semakin berat dan kompleks. Di era digital ini, Polri harus mampu mengantisipasi kejahatan Cyber Internasional dan Human Traficking, serta harus bisa mengatasi kasus ancaman terorisme. Terorisme juga mengancam negara-negara berkembang bukan hanya negara konflik,” kata Presiden.

Oleh karena itu, presiden minta tetap kepada Polri agar selalu sigap dan jangan lengah, selalu proaktif dalam menghadapi dinamika yang berkembang.

Presiden berharapkan kedepan, Polri harus menyiapkan agenda pengamanan dan langkah antisipatif dalam agenda Asian games, Pemilu 2019 dan Natal serta tahun baru 2019. Hal Ini wajib didukung dan harus dikerjakan bersama-sama elemen bangsa.

“Lakukan perbaikan-perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang ada terutama dalam penegakan hukum. Lakukan koordinasi yang baik antara TNI, pemerintah dan masyarakat sehingga tugas Kamtibmas dapat berjalan aman lancar,” pintanya.(lantamal5/ziz)

FOTO: Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Mapolda Jatim.(lantamal5)