Program Ramah Anak Polres Banjar Diapresiasi Kementrian

BANJAR (halopolisi.com) – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini menjadi momentum membahagiakan bagi jajaran Polres Banjar Polda Kalsel. Sebab, Polres Banjar berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan mendapatkan penghargaan sebagai Polres Ramah Anak pertama di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak saat puncak peringatan HAN 2018 di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan dan Surabaya, Senin (23/7/2018) hari ini.

“Alhamdulillah program kita dapat apresiasi dari pemerintah. Ini merupakan penghargaan bagi seluruh keluarga besar Polres Banjar yang kita harapkan dapat menjadikan motivasi untuk lebih maksimal lagi agar program ini bisa bertambah membawa manfaat bagi anak-anak,” kata Kapolres Banjar, AKBP Takdir Matanette.

Kapolres Banjar membeberkan, hingga kini sudah ada sedikitnya 350 anak yang bergabung dan menjadi binaan Polres Banjar melalui program Kabinaktar (Kami Bina Anak Menjadi Pintar).

Awalnya, Kapolres Banjar mengaku tak menyangka sampai begitu antusiasnya para anak dan orangtua menjadikan Polres Banjar sebagai wadah mengasah keterampilan dan kreatifitas.

“Di tempat kami ini (Polres Banjar) jadi tempat bermain bagi anak-anak dalam hal positif. Dalam proses, nanti tentu akan disiapkan beberapa sarana bermain bagi anak,” lanjutnya.

Kapolres juga mengatakan bahwa mereka memberdayakan personel-personel dari Satuan Binmas, Satlantas dan lainnya, untuk memberikan pembinaan bagi anak-anak sekolah yang tergabung dalam Kabinaktar.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda latihan anak-anak yang tergabung di Kabinaktar diantaranya Marching Band, Polisi Cilik Banua (PCB), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Marching Band, Saka Bhayangkara (Pramuka) dan Pojok Kabinaktar.

Batasan usia anak yang tergabung dalam Kabinaktar, yakni mulai dari Kelas 3 SD hingga kelas XII SMA. Meski begitu, ada ibu-ibu protes dan berharap anaknya yang masih kelas 1 dan 2 SD bisa gabung juga dan saat sejak itu mulai anak kelas 1 SD pun ada yang gabung di Kabinaktar.

Sementara itu, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rachmat Mulyana mengaku senang dengan prestasi yang diraih oleh Polres Banjar.

“Diharapkan bisa menjadi motivasi seluruh jajaran untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.(den/ziz)
FOTO: Kapolres Banjar, AKBP Takdir Matanette dan salah satu kegiatan Kabinaktar yang digelar di Polres Banjar.(hp banjar/ziz)