Sertijab Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin Dilepas dengan Kereta Kencana

SURABAYA (halopolisi.com) – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) melepas Irjen Pol Machfud Arifin yang purna tugas dalam upacara farewell parade dengan rangkaian pedang pora dan taburan bunga.

Menaiki kereta kencana, Irjen Pol Machfud bersama istrinya, Lita Machfud Arifin keluar dari gedung utama Tri Brata melewati karpet merah bertabur bunga hingga pintu gerbang Polda Jatim.

Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, agenda utama yang akan dihadapi oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan adalah pengamanan Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg yang merupakan bagian dari program Kapolri Jenderal Tito Karnavian yakni Promoter.

“Sosok Pak Luki yang merupakan intelejen akan dapat mengatasi kondisi Jatim selama proses Pemilu nanti,” ujarnya.

Menurut Irjen Pol Machfud, pergantian pimpinan adalah hal yang biasa di tubuh Polri sebagai salah satu bentuk regenerasi. Dia yakin sosok Luki mampu mengelola keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Jatim dengan baik.

“Pak Luki di sini mungkin masih panjang, bisa menjadi transit berikutnya. Pak Luki bisa naik lagi jenjangnya, kita doakan. Tapi kelola dulu Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menegaskan, pihaknya akan meneruskan program-program yang sebelumnya telah dilakukan dengan baik oleh Irjen Pol Machfud Arifin.

“Yang jelas kita ketahui bersama, Pak Machfud menjalankan program sangat baik sekali, dalam mengelola kamtibmas di wilayah Jatim dan saya akan melanjutkan apa yang telah dikerjakan pak Machfud,” kata Irjen Pol Luki.

Diakui Kapolda Jatim, tantangan keamanan ke depan tidaklah mudah karena tahun politik. Dirinya berjanji akan berusaha menciptakan situasi keamanan yang kondusif dengan berbagai dukungan pihak lain, salah satunya adalah wartawan.

“Saya minta dukungan, bagaimana memberitakan, hal hal yang betul-betul bisa mengangkat roda Jatim dan mendukung program Kapolda Jatim sehingga kami dapat bekerja dengan enak,” katanya.(ara/ziz)

FOTO: Irjen Pol Machfud Arifin saat dilepas menggunakan kereta kencana.(ara)