Polres Situbondo Terjunkan 5.034 Personil Gabungan Amankan Rangkaian Tahapan Pemilu

SITUBONDO (halopolisi.com) – Polres Situbondo menerjunkan 5.034 personil gabungan di ataranya Polri 450 personil, TNI 100 personil dan Linmas 4.484 personil untuk mengamankan seluruh proses tahapan Pemilu 2019. Seluruh personil ini juga telah diplot untuk mengamankan 2.242 TPS yang tersebar di wilayah Situbondo.

Hal itu disampaikan Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, S.H., S.I.K., M.H  saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH, Dandim 0823 Situbondo Letkol. Inf Ahmad Juni Toa S.E, Wabup Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi M.si, Kajari Kab. Situbondo Nur Slamet S.H .,M.H, Ketua PN Ibu HJ Astoetik Ernawati S.H.,M.H, Ketua KPU, Ketua Banwaslu, Ketua MUI Kab. Situbondo KH.Syaiful Muhyi, dan Perwakilan Ketua Parpol. Sedangkan pasukan apel terdiri dari Subdenpom V Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, anggota Polres dan Polsek jajaran, Dishub, Satpol PP, Gabungan KPU dan Bawaslu dan Linmas.

Kapolres Situbondo membacakan amanat dan penekanan Kapoli kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan Pemilu 2019. Beberap penekanan yang disampaikan diantaranya apel gelar pasukan digelar serentak diseluruh Jawa Timur sebagai sarana mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan rangkaian tahapan Pemilu 2019.

Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerwanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak, untuk itu Polri dibantu TNI dan Instansi terkait lainnya menggelar Operasi Kepolisian Mantap Brata 2018 yang akan dilaksanakan selama 397 hari dimulai tanggal  20 Septmber 2018 smpai dengan 21 Oktober 2019.

Kapolres juga menyampaikan penekanan Kapolri diantaranya

1.  Memperkuat sinergitas TNI Polri guna mewjudkan Pemilu yang aman, lancar dan damai.

2. Jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari perbuatan yang menciderai penyelenggaran Pemilu.

3. Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksnakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini

4. Kedepankan langlah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksnakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

5. Lakukan pemegakan hukum secara profesional dan proporsional baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu maupun potensi pelanggaran hukum lainnyaguna menjamin stabilutas kamtibmas yang kondusif.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan agar seluruh personil pengamanan, penyelenggara Pemilu untuk membangun komunikasi yang sinergi untuk melaksanakann tugas seusai aturan yang berlaku, junjung tinggi netralitas demi terwujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusir serta jurdil.

Kesiapan pengamanan Pemilu dalam Operasi Mantap Brata Semeru 2018 ditandai dengan penyematan pita merah putih tanda operasi kepada perwakilan personil Polri, TNI dan Linmas.

Usai membacakan amanat Kapolri, Kapolres bersama Forkopimda mengecek kesiapan pasukan dan sarana kendaraan patroli yang kemudian ditutup dengan doa.(hp situbondo/ziz)

FOTO: Kapolres Situbondo saat menyematkan tanda Operasi Mantap Brata Semeru 2018.(hp situbondo)