Rakernas DPP LDII Suarakan Pesta Demokrasi Sebagai Ajang Rakyat Menyalurkan Aspirasi

JAKARTA (halopolisi.com) – LDII bakal menggelar Rakernas pada 10 – 11 Oktober 2018. Perhelatan akbar organisasi seusai Munas ini berbarengan dengan agenda bangsa, Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 – 2024. LDII memandang, Rakernas ini sangat strategis, baik bagi LDII maupun bagi rakyat Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya.
Momentum ini dimanfaatkan LDII sebaik-baiknya untuk melakukan proses agregasi aspirasi (pengumpulan berbagai aspirasi) yang dibawa oleh para utusan (peserta Rakernas) yang berasal dari 34 propinsi dan sekitar 430 utusan kabupaten/kota serta para peninjau dari berbagai lembaga pendidikan umum dan pondok pesantren. Total peserta mencapai 1.400 orang, yang bertempat di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Jakarta Timur.

Selanjutnya, aspirasi yang diperoleh dari Rakernas ini diharapkan dapat disampaikan kepada para calon pimpinan nasional, baik yang di eksekutif (capres/cawapres) dan juga bagi para calon legislator (DPR) pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Selama ini dalam ajang kampanye, calon incumbent hanya dinilai berdasar apa yang telah dikerjakan – terutama keberhasilannya saja — dan calon baru dinilai berdasarkan apa yang ditawarkan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo. Menurutnya, pada tataran ideal, pelaksanaan pesta demokrasi ini juga harus difungsikan sebagai ajang nasional penyampaian aspirasi yang bersifat substantif-aspiratif kepada para kandidat (calon oleh rakyat/konstituen) agar para kandidat dapat lebih mengenali secara langsung apa harapan rakyat yang bersifat riil-substantif, dan tidak sekadar kegiatan penerimaan atau penyampaian dukungan.

“Mari kita gunakan momen kampanye untuk memberikan usulan. Rakyat harus bisa mengusulkan apa yang menjadi persoalan dalam kehidupannya dan kandidat bisa memunculkan fungsi representasi. Dengan demikian, menjelang 17 April 2019 nanti, kita bisa melihat mana calon yang paling mendekati harapan kita,” ujar Prasetyo Sunaryo.

Melalui Rakernas ini secara internal LDII akan merumuskan program kerja organisasi yang terdiri dari 8 bidang, secara eksternal LDII akan menyampaikan 8 bidang kerja tersebut kepada calon eksekutif (capres/cawapres) dan juga kepada calon legislatif, agar nantinya dapat dilaksanakan secara sinergis dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sehat, produktif dan berdaulat.

Adapun 8 bidang yang akan dibahas di Rakernas meliputi :
1.Wawasan Kebangsaan
2.Prinsip Dakwah dan Akhlak Bangsa
3.Pendidikan Karakter
4.Pangan dan Lingkungan Hidup
5.Ekonomi Syariah
6.Pengembangan Pengobatan Herbal
7.Pemanfaatan Teknologi Digital Produktif
8.Pemanfaatan Energi Baru-Terbarukan.(humasldii/ziz)

FOTO: Pemaparan terkait persiapan Rakernas LDII.(humasldii)

Tag: