Komandan Lantamal V Hadiri HUT ke-73 TNI di Koarmada II

 

SURABAYA (halopolisi.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksmana Pertama TNI Edwin, S.H., dengan didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny. Wenny Edwin menghadiri Upacara peringatan HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya, Jumat (5/10/2018).

Komandan Garnizun Tetap lll Surabaya yang juga Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman bertindak selaku Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Danyon Raider 500/Brawijaya Letkol Inf Sidik Wiyono.

Peringatan HUT yang mengusung tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” dihadiri  Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo, S.H., M.H., Pangarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., , Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Lucky Hermawan, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Pangdivif 2 Kostrad, Kajati, dan tamu undangan lainnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam amanat yang dibacakan Panglima Komando Daerah V/ Brawijaya mengajak hadirin berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong yang terkena gemba dan tsunami Jumat lalu.

Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok. Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala.

Semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut.

“TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu. Kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita. TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap,” ujarnya.

Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana lanjutnya,  baik pengerahan personel maupun alutsista, adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI. Sesuai dengan tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks.

Selain menghadapi komplek-sitas tantangan ke depan, kita juga harus menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir¬-akhir ini. TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai, harus membantu pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah.

Pada tahun 2018 ini TNI telah terlibat dalam penanggulangan bencana di berbagai daerah, seperti kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat – Papua, letusan gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi di Lombok, dan saat ini gempa bumi di Palu.

Dalam upacara kali ini pasukan upacara terdiri dari Yon Upacara I Gabungan Perwira (1 Kompi Upacara Pamen TNI dan 2 Kompi Upacara Pama TNI),  Yon Upacara II Gabungan (1 Kompi Upacara Kowad, Kowal dan Wara, 1 Kompi Upacara Kadet AAL, 1 Kompi Upacara POM), Brigade Upacara I TNI AD (Batalyon Upacara 1 Divif 2/Kostrad, Batalyon Upacara 2 Yon 500/R, Batalyon Upacara 3 Yon Kav, Yon Arhanudse-8, Kikav-3), Brigade Upacara II TNI AL (Batalyon Upacara 1 Koarmada II, Batalyon Upacara 2 Kodiklatal, Batalyon Upacara 3 Marinir), Brigade Upacara III Gabungan (Batalyon Upacara 1 TNI AU, Batalyon Upacara 2 POLRI, Kompi PNS, Kompi Ormas, Kompi Pramuka).

Material upacara sebagai Background terdiri dari (Tank Scorpion : 1 unit, Panser Intai 4X4 : 1 unit, Tank Stormer : 1 unit, Panser Anoa 6X6 APC : 4 unit, Rudal MMS : 1 unit, Rudal LML TNI AD : 1 unit, Sepeda Motor POMAD : 2 unit, Mobil POMAD : 3 unit, Mobil PJD : 2 unit, Panser Panhar : 2 unit, MBT Leopard : 2 unit, MLRS Astros : 2 unit, Sea Rider Kopaska : 2 unit, Tank -3F : 4 unit, Aligator : 1 unit, MLRS Vampire : 1 unit, Monobs : 1 unit, Radar Hughes : 1 unit, Acmad Rupanpur : 1 unit, Sepeda Motor POMAU : 2 unit, Mobil POMAU : 1 unit).(lantamal5/ziz)

FOTO: Danlantamal V saat menghadiri upacara HUT TNI.(lantamal5)