Museum Hidup Polrestabes Surabaya Jadi Lokasi Wisata Favorit Pelajar

SURABAYA (halopolisi.com) – Satbinmas Polrestabes Surabaya mendampingi kunjungan siswa SDK St. Aloysius ke Museum Hidup Hoofdbureau Polrestabes Surabaya, Selasa (9/10/2018).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka out school yang dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh siswa-siswi kelas III dan IV SD yang terdiri dari 60 siswa.

Aiptu Yulis bersama Aipta Ina dan Bripda Nimas dari Sat Binmas Polrestabes Surabaya menjelaskan kepada para siswa bahwa Gedung Utama Polrestabes Surabaya ini merupakan salah satu cagar budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Selain itu dedung yang difungsikan sebagai Museum Hidup ini juga digunakan oleh Kapolrestabes Surabaya dan sejumlah Pejabat Utama untuk bekerja.

“Tugas kami di sini adalah untuk memberikan penjelasan kepada para pengunjung Museum Hidup terkait tugas-tugas Kepolisian dan isi benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya,” tutur Aiptu Yulis.

Selain memperkenalkan bangunan Cagar Budaya, Aiptu Yulis juga mengajak para siswa untuk mengenal tugas-tugas Kepolisian dengan melihat-lihat kendaraan operasional yang dimiliki Polrestabes Surabaya.

Di samping itu, para siswa juga dikenalkan dengan Unit Satwa K-9 dari Sat Sabhara Polrestabes Surabaya yang tugasnya  membantu Kepolisian dalam bidang pelacakan.

Menutup kunjungan di Polrestabes Surabaya, para siswa diajak masuk ke Museum Hidup Hoofdbureau yang menyimpan sejumlah barang peninggalan sejarah seperti Baju Kebesaran Kepolisian, Alat Perekam Suara, Senjata Api dan Kamera yang tersimpan rapi hingga saat ini.

Sebelum meninggalkan Museum Hidup, para siswa dan guru pendamping dari SDK St. Aloysius menyempatkan diri berfoto bersama di halaman depan Mapolrestabes Surabaya.(hp restabes/ziz)

FOTO: Museum hidup Polrestabes Surabaya saat dikunjungi siswa SDK St. Aloysius.(hp restabes)