Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bangsa, Gelar Pameran IBT Expo 2018

SURABAYA (halopolisi.com) – UMKM menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga 60,34 persen. Tercatat sejak tahun 2015 angka PDB dari sektor industri kreatif ini sekitar Rp 852,56 triliun hingga 2017 naik menjadi Rp 922,58 triliun.

“Harapan kami di tahun ini bisa dimaksimalkan hingga Rp 1.000 triliun. Salah satu potensi terbesar yang belum banyak terangkat adalah UMKM dari Indonesia Timur,” ungkap Heru Setiati, Deputi Pemasaran, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, usai pembukaan pameran IBT Expo 2018 ke 3 menggantikan Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, di Garden Palace Hotel Surabaya, Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, masa depan Indonesia khususnya pertumbuhan perekonomian berada di wilayah Indonesia Timur. Untuk itu, dia mengajak masyarakat wilayah Indonesia Timur untuk bisa memaksimalkan potensi yang ada.

“Banyak potensi yang dimiliki Indonesia Timur seperti kesenian dan kebudayaan, wisata, kelautan, perikan, kehutanan, produksi migas dan beberapa produk lainnya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” ujarnya.

Heru Setiati mengaku pihaknya akan mengupayakan pengembangan potensi daerah salah satunya membangun beberapa infrastruktur seperti pembangunan jalur transportasi kelautan di beberapa daerah untuk kelancaran dalam transportasi khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Heru berharap adanya pameran IBT Expo 2018 ke 3 yang digelar mulai 31 Oktober hingga 4 November akan menjadi ajang para buyer dan seller bisa bertemu secara langsung untuk mendapatkan peluang investasi hingga potensi transaksi dagang yang lebih besar.

“Mudah-mudahan ajang IBT Expo 2018 ke 3 tahun ini menjadi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik dan marilah kita bersama-sama untuk membangun negeri ini,” pungkasnya.(den/ziz)

FOTO: Kemeriahan ajang pameran IBT Expo 2018.(den)

Tag: