Lantamal V Gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an, Juara 1 Ibadah Umroh

SURABAYA (halopolisi.com) – Untuk membumikan Al Quran dan mencari bibit qori dan qoriah berbakat, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) menggelar ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Lantamal V tahun 2018 yang dihelat di Gedung Serba Guna, Mako Lantamal V.

Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M. Han. secara resmi membuka jalannya MTQ yang menjanjikan juaranya melaksanakan ibadah Umroh. Lomba kali ini diikuti 27 peserta dari perwakilan satuan kerja dan Lanal Lanal yang ada di jajaran Lantamal V.

Tampak hadir dalam acara tersebut para Asisten Danlantamal V, para Komandan Lanal dijajaran Lantamal V, Para Kasatker/Kadis Lantamal V, Para Dewan Juri dan perwakilan suporter tiap satuan.

Menurut Danlantamal V, MTQ pada hakekatnya merupakan upaya dalam mewujudkan individu yang berkualitas di bidang seni baca Al Qur’an, baik dari segi makhrojul huruf, tajuwit maupun lagu, khususnya yang memiliki kemampuan di bidang seni membaca Al Qur’an dapat diwujudkan.

Al Qur’an, lanjutnya, merupakan tuntunan umat Islam sekaligus sumber hukum dan petunjuk bagi setiap muslim agar dapat mencapai nilai kebaikan dan kebenaran. Al Qur’an merupakan resep dari Allah SWT untuk selamat dunia dan akhirat.

Komandan Lantamal V berharap, kesempatan gelaran MTQ ini bisa dimanfaatkan sebaik–baiknya sebagai ajang aktualisasi diri, mengukur kemampuan dan upaya mempelajari Al Quran dibarengi dengan niat yang ikhlas semata–mata mencari keridoan Allah SWT.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan MTQ ini, Dinas telah menyiapkan waktu, fasilitas termasuk menyiapkan guru/ustazd pengajar cara membaca Al Quran beberapa bulan yang lalu yang pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di setiap bada dzuhur.

Sehingga Ia berharap, ajang MTQ selain bisa meningkatkan kecintaan prajurit dan PNS terhadap Al Quran, juga bisa menjaring qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Lantamal V di ajang MTQ kedepan.

Pada ajang MTQ tingkat Lantamal V ini, tim Juri yang dipimpin Ustadz Komarudin, Ustadz Nurkhosim dan Ustadz Muhammad Ansyari menetapkan Juara 1 Putra Serma SAA Afandi dari Lanal Tegal, Juara ll Koptu Mar Ahwan dari Lanal Semarang dan Juara lll Kopka MTU Edi Iskandar dari Mako Lantamal V.

Untuk qoriah terbaik diraih Pengatur TK 1 ll/d Evi Martiningaih dari Lanal Malang, Juara ll Penata lll/c Harjanti Ratna D dari Rumkit dr. Oepomo Lantamal V fan Juara lll Sertu RKG/W Ayu Septika Irasan dari Lanal Malang.(lantamal5/ziz)

FOTO: Danlantamal V saat menyerahkan piala ajang MTQ.(lantamal5)