Siapkan Satgas Banjir, Danlanal Yogyakarta Tinjau Latihan Motoris Perahu Karet

YOGYAKARTA (halopolisi.com) – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd meninjau langsung pelaksanaan latihan motoris (pengemudi) perahu karet di laguna pantai Depok Bantul, dalam rangka menyiapkan dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Banjir wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Dansatma Lanal Yogyakarta Kapten Laut (E) Totok Musyanto ditunjuk sebagai koordinator latihan motoris bersama 10 personel yang tergabung dalam Satgas Banjir Lanal Yogyakarta.

Menurut Danlanal Jogya, Satgas Banjir ini, nantinya akan berkekuatan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang terdiri dari gabungan personel unsur pelaksana, Pos TNI Angkatan Laut (Posal), Intel dan Polisi Militer (Pomal), dengan perlengkapan sarana dan prasarana (Sarpras) perahu karet, dayung, jaket keselamatan/live jacket serta alat komunikasi (Alkom).

Danlanal Yogyakarta menekankan agar personel yang melaksanakan latihan motoris perahu karet nantinya mampu dengan baik mengoperasikan dan memanuverkan perahu karet saat terjadi evakuasi korban banjir.

“Kita harus senantiasa siap siaga, karena bencana banjir kadang datang tidak terduga, untuk itu perlu disiapkan kemampuan personel dan kelengkapan peralatan sedini mungkin dengan baik,” tegas Danlanal Yogyakarta.

Penyiapan Satgas Banjir Lanal Yogyakarta ini lanjutnya, sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor yang juga pernah terjadi pada tahun 2017 lalu.

Penyiapan ini juga sebagai salah satu bentuk nyata Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI AL khususnya Lanal Yogyakarta dalam membantu pemerintah daerah, khususnya tugas kemanusiaan untuk masyarakat.(lantamal5/ziz)

FOTO: Danlanal Yogyakarta saat memantau kesiapan Satgas banjir.(lantamal5)