Kapolsek Rungkut Polrestabes Surabaya Binluh Siswa SMPN 35

SURABAYA (halopolisi.com) – Kapolsek Rungkut Polrestabes Surabaya, Kompol I Gede Suartika SH MH memberikan binluh dan sosialisasi tentang dampak buruk Narkoba serta tertib lalu lintas dan rawannya penggunaan HP kepada para siswa SMPN 35 Rungkut Asri.

Binluh diikuti sedikitnya 150 siswa-siswi SMPN 35 yang didampingi Kepala Sekolah maupun Wakil Kepala Sekolah dan guru-guru pembimbing. Kapolsek Rungkut memberikan penjelasan tentang dampak buruk Narkoba yang dapat melibatkan pelajar, baik korban maupun keterlibatan dalam peredarannya.

“Pertama, pelajar diperkenalkan jenis narkoba melalui pemutaran slide proyektor, berikut sistim peredarannya yang dapat melibatkan pelajar sebagai kurir maupun keterlibatannya secara langsung dalam penggunaannya, hingga disampaikan penjelasan tentang aturan dan sangsi hukum, bagi pengguna maupun pengedar narkoba,” kata Kompol Suartika.

Untuk itu, pelajar diharapkan dapat menghindari, sekaligus menjauhi sedini mungkin.

“Jangan sekali-kali ingin mencoba-coba tentang narkoba, karena dampak narkoba bagi pelajar akan sangat merugikan, baik kesehatan, kenakalan remaja maupun prilaku sehari-hari, baik terhadap diri sendiri maupun keluarga, hingga perlu hati-hati dan selalu waspada, terutama dalam pergaulan di luar sekolah maupun di luar lingkungan sekitar rumah masing-masing dalam kegiatan sehari-hari,” tambahnya.

Kapolsek Rungkut juga menyampaikan binluh tentang tertib dalam berlalulintas di jalan raya, di antaranya dengan memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas maupun tentang aturan-aturan dalam berkendaraan dijalan raya.

Kapolsek Rungkut juga menyampaikan pengenalan undang-undang terkait ITE (informasi Elektronik) yang marak terjadi melalui penggunaan HP, untuk itu sebagai pelajar diimbau berhati-hati terutama dalam menggunakan HP.

“Karena sekarang banyak informasi dari elektronik, beredar melalui HP (Internet) yang menyesatkan, biasanya tanpa disaring terlebih dahulu, namun langsung diteruskan keteman-teman, sedangkan berita dari informasi yang beredar dan diterima belum tentu benar dan jelas kebenarannya, melainkan akan membawa dampak yang tidak menutup kemungkinan dapat merugikan diri sendiri,” tandasnya.

Melalui binluh yang dilakukan diharapkan, selain pelajar dapat memahami dan mengerti, pelajar juga dapat waspada dalam melakukan aktifitas pergaulan kegiatan sehari-hari, baik diluar sekolah maupun diluar lingkungan sekitar tempat tinggalnya masing-masing, dan dengan binluh melalui penyampaian yang dilakukan, diharapkan pelajar dapat mengerti dan memahami, hingga bisa dilakukan dengan baik dan benar.(eko/ziz)

FOTO: Kapolsek Rungkut saat memberikan Binluh pada siswa SMPN 35.(hp rungkut)