Kanit Turjawali Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Bantu Penumpang Kapal Kehabisan Bekal

SURABAYA (halopolisi.com) – Perbuatan yang patut dipuji ditunjukkan Iptu Sunarto, Kanit Turjawali, Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat membantu beberapa penumpang kapal dari Tarakan, Kalimantan Utara yang kehabisan bekal.

Saat itu 6 laki-laki terlihat kuyu beristirahat di pos polisi Jalan Jakarta tanpa bekal uang dan makanan. Setelah beberapa saat beristirahat, Iptu Sunarto yang baru saja tiba dari patroli langsung menyapa mereka dengan ramah. Pertemuan ini sontak menggugah nurani Iptu Sunarto yang sangat peka sebagai seorang anggota Polri. Dia pun menanyakan dari mana dan hendak kemana dan mengapa mereka terlihat sangat lelah?

Dari sinilah kemudian terbersit cerita. Para pria tersebut mengaku mereka baru kembali dari Tarakan dengan menumpang kapal. Namun karena kehabisan bekal, mereka terpaksa berjalan kaki dari Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) hingga tiba di pos polisi Jalan Jakarta.

Keluh kesan 6 pria ini pun langsung membuat Iptu Sunarto luluh. Jiwa sosialnya tergugah. Dia langsung membelikan makanan untuk 6 orang tersebut.

Berikutnya, Iptu Sunarto jug membantu mencarikan angkutan gratis yang akan membawa 6 orang tersebut ke kampung halaman mereka di Brebes, Jawa Tengah.

Menurut Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Ayip Rizal, SE, setiap personilnya diharapkan memiliki kepekaan yang tinggi melihat kondisi sekitar. Termasuk seperti yang dilakukan Iptu Sunarto.

“Ini memang menjadi tugas kami sebagai anggota Polri. Untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Sebisa mungkin kami akan berupaya memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan, sesuai kemampuan kami,” kata Ayip yang mengaku sudah mengetahui apa yang dilakukan Iptu Sunarto itu.(hp tanjung perak/ziz)

FOTO: Kanit Turjawali Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat membantu penumpang kapal yang kehabisan bekal.(hp tanjung perak)